oleh

DPRD Minta Bupati dan Wakil Evaluasi Kinerja Buruk SKPD

LENTERA Malut – DPRD Kabupaten Halmahera Tengah meminta kepada Bupati Edi Langkara bersama Wakil Bupati Abdurahim Ode Yani agar mengevaluasi sejumlah kinerja SKPD yang dinilai buruk, lantara tida menjalankan program dan visi-misi bupati dan wakil bupati. Demikian rilis ketua Komisi I, DPRD Halteng, Asrul Alting yang disampaikan kepada media ini, Jumat, 2 Agustus 2019 via WhatsApp.

Anggota Dewan dari fraksi PDI Perjuangan ini menyatakan, dirinya tak perlu menyebut satu persatu SKPD yang dianggap gagal menjalankan program dan visi-misi tersebut. Sebab, kata dia, kinerja SKPD yang buruk itu, bupati dan wakil bupati lebih mengetahuinya.

“Demi jalannya kinerja pemerintahan yang lebih baik untuk kepentingan masyarakat, kami sarankan agar bupati bersama wakil dapat melakukan evaluasi secepatnya. Tidak boleh membiarkan kebiasaan SKPD yang tidak konsisten menjalankan program dan visi-misi pemerintahan ini,” ujar Asrul.

Buruknya kinernya para SKPD, tampak pada pengawasan program dan kegiatan yang lemah serta lambat. Pelayanan yang tidak prima, gagal dalam penyerapan anggaran, gagal mendongkrat PAD, akibat dari tidak paham menerjemahkan semangat, program, visi-misi bupati dan wakil bupati.

“Dinas-dinas kemakmuran yang mengelola PAD. Bila tidak mencapai target, maka harus dievaluasi,” pintanya.

Tak hanya itu, Asrul melanjutkan, SKPD yang atau jabatan strategis yang diduduki Pasutri (pasangan suami-istri) juga harus ditinjau ulang oleh bupati dan wakil bupati. Karena hal itu dapat mengakibatkan citra pemerintahan menjadi buram.

Olehnya, anggota DPRD tiga periode ini juga menyarankan bupati bersama wakil bupati agar lebih cermat dan tegas dalam mengevaluasi kinerja SKPD serta jabatan Pasutri yang tampak tak lagi etis dalam satu pemerintahan.

“Mengisi jabatan dengan mengutamakan profesionalisme jauh lebih. Sebab ini bukan soal anak daerah atau bukan anak daerah. Tapi SDM, etika dan komitmen kerja untuk kepentingan pembangunan dan masyarakat fagogoru,” tegas Asrul.

“Kami dari komisi I memiliki cacatan khusus dari buruknya SKPD yang akan kami sampaikan ke bupati dan wakil bupati”.

Red: Ajun

Download Download Download Download Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *