oleh

Kapal Asal Bau-Bau ini Tenggelem Diperairan Pulau Kukusan, 5 Awaknya Selamat

MALUT.LENTERA.CO.ID — Sebuah Kapal Layar Motor (KLM) yang bernama Usna Jaya tenggelam didekat Pulau Kukusan Kabupaten Pulau Taliabu sekitar pukul 03.00 wit pada Kamis, 1 Agustus 2019 subuh.

Kapal pengangkut peralatan rumah tangga itu kabarnya bertolak dari Bau-Bau Sulawesi Tenggara sekitar pukul 06.00 wit, pada 31 Juli 2019 kemarin. Ia hendak berjualan menuju Pulau Taliabu.

Menurut La Ode Nuharudin, awak kapal KLM Usna Jaya, mengatakan penyebab tenggelamnya kapal ini karena banyak air yang masuk dalam kapal.

“Karena air sudah banyak yang masuk dalam kapal, maka kami langsung mengambil perahu ketinting dan menuju ke daratan Pulau Kukusan, setelah itu sekitar jam 02:00 sore kami di bantu oleh tim gabungan dari BPBD Pulau Taliabu dan Pol Air,” ujar Nuharudin, usai kejadian itu saat ditemui reporter dirumah keluarganya, pada 1 Agustus 2019.

Nuharudin yang bersama 4 awak kapal lainnya, yakni; La Ode Erwin, La Ode Jusman, La ode Bambang dan Irfan selamat, namun barang bawaan mereka tak bisa diselamatkan.

Ada 3 buah sepeda motor, barang bawaan pakaian, kasur, dan lainnya. Ia menaksirkan kerugian akibat kejadian itu sekitar 500 jutaan.

“Sementara ini kami sudah ditangani oleh BPBD dan dari Dinas Sosial, karena kebetulan ada keluarga di Bobong sini maka untuk malam ini kami tidur di rumah sini saja.”

La Ode nuharudin juga berharap Pemda Taliabu bisa memfasilitasi mereka untuk pulang ke Kota Bau-Bau. Jika diindahkan, rencana mereka akan berangkat di hari Sabtu besok, menggunakan kapal penumpang Mekar Teratai.

Kadis BPBD Pulau Taliabu, Sutomo, saat di konfirmasi mengatakan akan memfasilitasi kepulangan mereka. “Isya Allah kalau 5 orang, bisa fasilitas untuk pulangkan ke bau-bau, tapi nanti konfirmasi di staf yang ada di kantor, karena sementara lagi di luar daerah, ujarnya saat dikonfirmasi melalui via whatsapp malam ini. (Ajn) .

Download Download Download Download Download Download Download

Tentang Penulis: Reporter TALIABU, MOHRI

Reporter TALIABU, MOHRI
MOHRI UMAAYA adalah Reporter Lentera.co.id yang ditugaskan di Kabupaten Pulau Taliabu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *