oleh

Jembatan Ambruk, Jalur Oba-Oba Selatan Lumpuh

MALUT.LENTERA.CO.ID – Jembatan penghubung antar Kecamatan Oba dengan Oba Selatan Tidore Kepulauan Maluku Utara kini ambruk dan tak bisa digunakan.

Jalur lalu lintas yang berada di pertengahan Desa Kusu Sinopa dan Desa Semalofo itu untuk sementara tak bisa digunakan. Penyebab kerusakan jembatan ini bisa dipastikan akibat hujan deras yang mengguyur pulau Halmahera semalam dan kondisi fisik jembatan yang tak lagi layak digunakan.

Sekertaris Generasi Muda (Geram) Oba, Arafik Muhammad, melalui via Whatsapp, mengatakan, jembatan itu runtuh pada Sabtu, 27 Juli 2019 sekitar pukul 02.00 wit malam. Hingga saat ini, jalur transportasi warga itu tak bisa dilalui lagi, baik oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat.

“Saat ini, jika mau ke Desa-desa seberang, kita harus menghubungi keluarga dan kerabat untuk jemput di jembatan yang putus itu,” ujar Arafik yang juga warga Desa Wama Oba Selatan, Minggu, 28 Juli 2019 siang ini.

Warga yang menggunakan sepeda motor, kata dia terpaksa harus mengangkat kendaraannya melintasi jembatan runtuh itu. “Torang baku-baku bantu angka motor,” terangnya.

Jembatan-jembatan yang ada didaratan Oba, terutama yang sedang rusak total itu usianya sudah puluhan tahun. Hampir rata-rata dibangun pada awal tahun 2000-an.

BACA: 20 Tahun Warga di Oba Selatan Tak Pernah Nikmati Jalan Aspal

“Dan itu, tidak lagi memenuhi standar kelayakan. Hanya beberapa jembatan saja yang dibangun sekitar 2010-2015 lalu,” tambah mahasiswa yang giat memperjuangkan jalan didaratan kecamatan Oba beberapa pekan lalu itu.

Dia bilang, kondisi dan usia jembatan yang sudah tidak layak itu sudah seharusnya direnovasi karena kerap kali mengancam kesalamatan pengguna lalu lintas.

Ia meminta untuk sementara ini, pemerintah Kecamatan ataupun Kabupaten Kota untuk membangun jembatan alternatif agar aktivitas warga dan transportasi kendaraan umum bisa melalui jalur itu. (Ajn)

Download Download Download Download Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *