oleh

Fakta Reka Ulang: Korban Diperkosa Sebelum Dibunuh Pelaku

MALUT.LENTERA.CO.ID — Polres Tidore bersama Kriminal Umum (Krimum) Polda Maluku Utara gelar rekonstruksi atau reka ulang kasus pemerkosaan dan pembunuhan Kiki W Kumala (19) yang tewas secara tragis oleh pelaku MI alias Ronal, Selasa 16 Juli 2019 lalu.

Rekonstruksi ini digelar di halaman belakang Maporles Tidore pada Kamis, 25 Juli 2019, demi menjaga keamanan. Dalam rekonstruksi sebanyak 43 adegan tersebut, pelaku memperagakan kejadian sejak dari Malifut Halmahera Utara, belakang Guraping Sofifi sampai di Halmahera Tengah tempat korban dibuang disemak-belukar.

Informasi yang dihimpun lentera, dalam rekonstruksi itu sebelum diperkosa dan dibunuh, korban calon mahasiswa ini terlebih dahulu dirampok uang tunai, tas, handphone dan barang bawaan milik lainnya.

BACA: Ini Motif Pelaku yang Perkosa, Siksa, Bunuh lalu Buang Korban ke Semak Belukar

Korban, yang diketahui warga asal Desa Tahane Kecamatan Malifut Halut itu lalu disiksa dan dibunuh menggunakan karet lis variasi kaca mobil warna putih yang diikatkan pada leher korban sebanyak dua kali hingga tewas.

Mayat korban lalu dibuang di Dusun Lokulamo, Desa Waibulen, Kecamatan Weda Tengah Halmahera Tengah.

Kasat Reskrim Polres Tikep, AKP Dedy Yudanto, dalam keterangannya menyebut hasil reka ulang, juga terungkap, pelaku melakukan tindakan pemerkosaan sebelum membunuh korban.

BACA: Pelaku Pemerkosaan dan Pembunuhan Kiki Kumala Diancam Hukuman Mati

“Dalam adegan ini juga pelaku melakukan pemerkosaan terhadap korban sebanyak satu kali,” kata Dedy Yudanto mengutip seraya menyebut, pihaknya terus berupaya melengkapi berkas tersangka untuk diajukan ke Kejaksaan Negeri Tidore.

Dia menambahkan, untuk melengkapi berkas kasus ini, pihaknya juga sedang menunggu hasil autopsi korban, jika hasilnya sudah dikeluarkan dokter, dari situlah bisa diketahui penyebab kematian korban.

Artikel terkait:
Kasus Kiki, 39 Akun FB Akan Dilaporkan dan Pelaku Diminta Hukuman Mati
Women’s March: Tidak Ada Ampun Bagi Pelaku Pemerkosaan dan Pembunuhan Kiki

“Karena kita juga ingin membuktikan hal lain, termasuk pemerkosaan,” tambah Dedy, “Kemarin kan kita ambil sampel pada saat autopsi, nanti kita cocokkan dengan DNA pelaku, mudah-mudahan terbukti,”

Saat ini, kata Dedy, pelaku telah diamankan di Polres Tikep Selama 20 hari kedepan. Dan nanti akan dikordinasi atau ditindaklanjuti tempat pelaku dipindahkan.(Ajn)

Download Download Download Download Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *