oleh

Pelepasan Calon Jamaah Haji Haltim, Satu Orang Sakit dan Diundur Keberangkatannya

MALUT.LENTERA.CO.ID – Acara Pelepasan Jamaah Calon Haji Tahun 1440 H/2019 M Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara (malut) digelar diruang Aula Kantor Bupati Haltim, pada Senin, 8 Juli 2019. Pelepasan ini dibuka langsung oleh Kepala Kementrian Agama (Kemenag)Haltim, Saiful Djafar Arafa didamping oleh Sekertaris Daerah Haltim, Moh. Abd nasar.

Saiful dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberangkatan dan kepulangan calon jamaah haji Haltim harus dilaksanakan secara komprehensif dan objektif oleh pemerintah daerah bersama Kementrian Agama Haltim. Hal ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk mencapai kualitas takwa atau Mabrur.

“Pelayanan penyelenggaraan Ibada Haji, sesuai dengan amanah Undang-Undang oleh sebab itu penyelenggaraan pelayanaan jamaah haji musim haji tahun 1440 H/2019 M, dilakukan sesuai hasil evaluasi musim haji tahun 2018 kemarin,” terang Saiful.

Calon jamaah haji Halmahera Timur rata-rata berusia 27 tahun sampai 78 tahun dengan latarbelakang yang berbeda. Jumlah jamaah calon haji Haltim tahun 2019 sebanyak 85 orang. Calon jamaah haji yang diberangkatkan hari ini dari Kota Maba, hanya 84 orang karena 1 (satu) orang diundur keberangkatannya ke Ternate lantaran dirinya sakit. Calon jamaah haji yang sakit, M. Yusuf Muhammad ini berasal dari Desa Buli, Kecamatan Maba. Dari jumlah jamaah haji itu, dikatahui 13 laki-laki dan 54 perempuan.

Rombongan Calon Jamaah haji. Foto: Ilham/Lentera

Jamah calon haji yang tersebar di 6 kecamatan dari 10 kecematan Kabupaten Halmahera Timur antara lain Kecamatan Kota Maba sebanyak 18 orang, Kecamatan Maba Selatan 3 orang, Kecamatan Maba 35 orang, Kecamatan Wasile 13 orang, Kecamatan Wasile Timur 13 orang dan Kecamatan Wasile Selatan 6 orang. Jamah calon haji Kabupaten Halmahera Timur seluruhnya termasuk dalam kloter 7 rombingan 4 dan 5 bergabung dengan Kota Ternate dan Tidore Kepulawan. Jelas Saiful.

Keberangkatan calon jamaah haji dari Maba ke Ternate pada senin 8-9 Juli 2019 2x penerbangan, Ternate ke Emberkasi Makasar pada 10 juli 3x penerbangngan. Dan dari Emberkasi Makasar ke Medinah pada tanggal 11 juli dan tiba di madinah 12 juli 2019.

Saat waktu pemulangan dari Jeddah ke Debarikasi Makasar pada tanggal 22 Agustus, Deberkasi Makasar ke Ternate pada tanggal 24 Agustus dan transik 1 malam di Asrama haji Ternate ke Maba pada 25 Agustus 2019 Jamaah haji Kabupaten Halmahera Timur Kembali ke Kota Maba selanjutnya kembali di masing masing Kecamatan dan Desa

“Semoga dengan do’a kita semua Jamah calon haji Kabupaten Halmahera Timur Mendapatkan Haji yang Mabrur Insah Allah Amin Ya Roobal Alamin,” ucap Saiful sembari mendoakan (Ajn)

Reporter: Ilham

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *