oleh

KPU Haltim Gelar Sosialisasi Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih 2019

MALUT.LENTERA.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar sosialisasi penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih pemilihan umum tahun 2019, diruang Aula KPU, pada Sabtu, 6 Juli 2019.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Ketua KPU Haltim, Mamat Jalil, dan turut hadir dari perwakilan pimpinan partai politik Haltim

Ketua KPU Haltim, Mamat Jalil menyampaikan bahwa sosialisasi ini berdasarkan PKPU nomor 5 Tahun 2019 yang mengatur tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum.

Sesuai dengan tahapan program di PKPU nomor 32 Tahun 2018 dan PKPU nomor 3 Tahun 2019 tentang tungsura, maka, lanjut Mamat, perlu kiranya juga dilakukan sosialisasi bagaimana KPU menetapkan padangan calon terpilih.

“Begitu juga bagaimana cara memperoleh kursi bagi peserta pemilu,” terang Mamat

Meski sudah banyak yang mengetahui Undang-undang nomor 7 Tahun 2017 ada perubahan sistem konversi suara, namun kata Mamat, tetap perlu dilakukan sosialisasi oleh KPU.

“Jika Pemilu 2014 memakai metode Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) dalam menentukan jumlah kursi, maka pemilu kali ini akan menggunakan teknik Sainte Lague untuk menghitung suara,” terang Mamat lagi.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara Mudafir Lambutu didampingi Komisioner Divisi Parmas, Rahmawati Bangsa, Divisi Hukum Sukardi Litte, serta Divisi Program dan Data Ahmad Fauto

Reporter: Ilham
Editor: Aju
n

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *