oleh

Pemda Kepsul Siapkan 2 Kapal Gratis Buat Wisatawan dan Masyarakat

MALUT.LENTERA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menyediakan dua angkutan kapal laut gratis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sula yang ingin menikmati destinasi wisata pulau kucing dan mobilisasi serta transportasi masyarakat di Kecamatan Mangoli Barat, mulai dari Desa Fala sekitarnya. Demikian itu dikatakan oleh asisten II, Arif Umasugi pada media ini Rabu, 12 Juni 2019 diruang kerjanya.

Arif mengatakan, penyediaan dua kapal ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat di Mangoli serta beberapa desa yang ada Kecamatan Mangoli Barat dan Masyarakat di Sanana.

Ia menyatakan, armada laut gratis ini akan segera beroperasi dengan trip Dermaga Desa Fukeu-Pulau Kucing dan Dermaga Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Barat ke beberapa Desa yang ada di Mangoli Barat. Tujuan dari pembukaan trip ini, kata dia, adalah untuk memudahkan para pelancong, baik pelancong lokal dan luar daerah untuk bisa menjangkau destinasi wisata pulau kucing. “Ini juga sebagai promo wisata pulau kucing yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata lain di Kab. Kepsul,” ujarnya.

Asisten II Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan ini menyebutkan, bahwa dirinya sudah memanggil Kepala Bidang Perhubungan Laut, untuk dua kapal yang disiapkan oleh Bupati Kepsul itu segera beroperasi di Falabisahaya Kecamatan Mangoli Barat dan yang satunya stand-by di Dermaga Fukweu untuk menangkut penumpang yang ingin berwisata ke Pulau Kucing.

Sementara untuk Mangoli Barat, kini belum bisa beroperasi lantaran kendala di Bahan Bakar Minyak (BBM). Meski begitu, kata dia, itu adalah tanggung jawab Dinas Perhubungan. “Tapi dijamin, dalam minggu ini sudah bisa beroperasi,” terang Arif.

Begitu juga dengan kapal laut untuk di Dermaga Desa Fukweu yang bakal jadi transportasi para wisatawan ke Pulau Kucing juga terkendala kerusakan salah satu komponen kapal dan sementara ini masi dalam proses perbaikan. “Tapi dijamin, dalam minggu ini sudah beroperasi,” ujarnya.

“Selain itu, kapal laut ini akan terus bergerak secara dinamis dalam melaksanakan pembangunan, termasuk bidang transportasi dengan meberi pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga perekonomian daerah dapat bergerak maju”.

Red: Ajun

Download Download

Tentang Penulis: Reporter SULA, Irwan FOKATEA

Reporter SULA, Irwan FOKATEA
IRWAN FOKATEA adalah Reporter Lentera.co.id sekaligus Kontributor dan Pembimbing Om Desa yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *