oleh

Cegah Banjir di Kota Weda, Bupati Elang Perintahkan Kadis Segera Bangun Tanggul

MALUT.LENTERA.CO.ID – Meski cuaca memburuk, Bupati Kabupaten Halmahera Tengah, Edi Langkara bersama rombongan meninjau sejumlah titik yang berpotensi banjir di Kota seperti di Desa Wedana dan Desa Nurweda, pada Senin, 10 Juni 2019.

Bupati Halteng meninjau lokasi banjir dibawa cuaca buruk, Kota Weda

Pantaun Lentera.co.id, di lokasi kunjungan dampak banjir tersebut, Bupati Halteng ini banyak berbincang dengan beberapa Kadis yang turun lansung ke lokasi tersebut terkait langkah untuk mengurangi potensi banjir kedepan.

Bupati mengatakan, kondisi seperti ini harus secepat dilakukan pencegahan pada beberapa titik potensi banjir.

“Di waktu dekat ini harus segera melakukan pengukuran pada volume yang akan dibuat tanggul/talud, berapa pun biayanya harus segera dibuat”, kata Bupati Halteng dilokasi dampak banjir.

Lanjutnya, Edi Langkara menegaskan kepada sejumlah Kadis terutama Kadis PU agar secepatnya melakukan pengukuran dan segera melaporkan berapa volume talud yang akan di bangun.

“Jadi sembentar segera dilakukan pengukuran dan besok itu sudah ada laporan yang masuk”, tegas orang nomor satu Halteng ini.

Sebelumnya, banjir dan genangan air melanda Desa Wedana dan Desa Fidi Jaya , Kecamatan Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Seorang pemilik akun facebook atas nama Djaka pada Kamis, 6 Juni 2019 malam menulis, dua titik itu selalu akrab dengan banjir dan genangan air. “Bahkan air mata,” kata Jakaria, warga setempat.

Banjir di Kota Weda

Ketika sebagian orang lelap dalam tidur, warga Desa Wedana kebingungan. Hujan deras selama 5 jam ini, mengakibatkan genangan air setinggi lutut dan bajir yang “dikirim” dari kali cabang dua yang tak dapat dibendung kanal.

“Sebagian rumah terendam, sebagian tidak. Sebagian ada penghuni, sebagian pula tidak,” tulis Djaka diakun medosonya.

Dia mengatakan, pukul 3 dini hari, hujan pun mulai reda. Lalu, sontak seorang pria mengenakan topi hitam turun dari mobil, berbaur dengan warga yang sedang sibuk evakuasi barang-barang mereka, yang dianggap penting. Selang berapa menit, satu mobil Inova hitam juga menghampiri dan turun menyapa warga. “Dua sosok itu adalah Bupati dan Wakil Bupati (Wabup). Terima kasih pemimpin kami,” cuitnya.

“Walau gelap dan dingin, kehadiran bapak berdua membawa kehangatan, juga kesejukan bagi warga”.

Bupati bersama Wakil Bupati Halteng saat turun langsung di lokasi banjir, Kota Weda pada beberapa waktu lalu

Ia berharap, semoga Bupati Edi Langkara bersama Wakil Bupati Abdurahim Ode Yani (Elang-Rahim) mampu mengatasi problematika yang ada. “Baik yang belum tuntas maupun program-program yang telah dicanangkan,” harapnya.

Red: Fandy

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *