oleh

Rayakan Hari Jadi Kabupaten ke 16, Bupati Haltim Sebut Pembangunan hingga ke Sagea Halteng

MALUT.LENTERA.CO.ID – Pemerintah Daerah memperingati Hari Jadi Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang ke 16 tahun 2019, Provinsi Maluku Utara. Buati Haltim, Ir. Muh Din dalam upacara itu memberikan penghormatan kepada Tokoh-tokoh Perempuan, Pemuda, TNI, Polri, kepala SKPD, BUMN/BUMD di lingkungan Pemerintah, Organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan LSM sekabupaten Halmahera Timur Media massa dan insan pers hadirin peserta upacara pada Jumat, 31 Mei 2019.

Buati Ir. Muh Din menyampaikan, bahwa pemekaran kabupaten ini adalah rahmat sekaligus amanah yang diberikan kepada masyarakat yang mendiami, mulai dari jajira Sangaji Maba yang membentang mulai dari kali Get sampai Bobane Maba. “Sebagai rasa syukur kita harus terus berjuang dan kerja keras memajukan daerah yang kita cintai dengan simangat “Nimabo tfaifie”, dengan prinsip kebersamaan dan saling menghargai,” ujarnya.

Perayaan Hari jadi Kabupaten Haltim

Untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM), yaitu pendidikan, kesehatan terutama sisi kualitas, pembangunan infrastruktur jaring wilaya yaitu jalan, listrik, air bersi dan jembatan harus ditingkatkan. Membangun konektifitas jalan harus diselesaikan, seperti ruas jalan Bololo ke Dabo, ruas jalan Bicoli ke kali Get, dan ruas jalan Maba ke Sagea dengan sejumlah jembatan yang harus dituntasakan. “Ruas-ruas strategis ini harus kita perluas badan jalanya lalu kita tawarkan ke pemerintah pusat untuk ditangani sebagai jalan Nasional,” tutur Bupati.

Lanjut Buati menyatakan, selain pembangunan insfastruktur jaringan wilaya ini, juga harus mendorong perkebunan rakyat sehingga bisa bersaing dengan komoditi, bersain denga pasar ekspor terutama komoditi sejarah yaitu Pala dan Cengke. Kawasan transmigrasi harus didorong sebagai kawasan produksi pangan masyarakat Halmahera Timur terutama kawasan trasmigrasi yang belumter lalu maju sama dengan trasmigrasi lainya.

Masyarakat dalam 2019 ini, kata Bupati, sisi perencanaan pemerintah pusat sekarang dalam proses penyusunan perencanaan tahun 2019 2024, dokumen perencan ini sangat strategis untuk pembangun 5 tahun. Pemerintah daerah kabupaten Halmahera Timur, wilayah pemerintah dari selatan akan dikembangkan kawasan transmigrasi dan kawasan wisata, perikanan tangkap tuna dan kawasan pertumbuhan baru akan dituangkan dalam rencana pembangunan kabupaten Haltim. “Konsep-konsep pembangunan ini sangat membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat desa, pemerintah kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur itu sendiri,” terangnya.

Bupati juga menyebutkan soal pilkades di 59 desa yang terlaksana dengan baik, menyelenggarakan pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPRI, DPRD Provinsi Dan DPRD Kabupaten Halmahera Timur dengan lancar aman dan damai.
”Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen penyelenggara Pemilu KPU Bawaslu, Masyarakat Halmahera Timur yang telah menyalurkan suaranya pada tahun 2019,” kata Bupati.

Dipenghujung sambutannya, Bupati berharap kepada seluruh pihak yang ada di Halmahera Timur agar terus meningkatkan kinerja dalam menyukseskan pembangunan daerah. Suksesnya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, dari dukungan masyarakat,” ungkap Bupati, Muh Din.

“Atas nama pemerintah menyampaikan selamat kepada saudara-saudara anggota DPRD Kabupaten Halmahera Timur dan DPRD Provinsi Maluku Utara yang berasal dari Halmahera Timur dan baru terpilih. “Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir batin,” tutup Bupati.

Red: ilham

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *