oleh

Kasus ADD Desa Palo, Polres Menanti Audit Inspektorat Halteng

MALUT.LENTERA.CO.ID – Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Polres Halmahera Tengah belum lama ini kembali periksa Bendahara Desa Palo, Kecamatan Patani Timur, Halmahera Tengah, Ibrahim Sarif alias Baim terkait penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) 2017 dibawa mantan Kades Desa Palo, Bunyamin Hi. Kamari alias Memet.

Kasat Reskrim Polres Halteng, Ipda A. Effan Sulaiman SIK saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu, 29 Mei 2019 mengatakan, pihaknya sudah memeriksa Ibrahim yang menjabat sebagai bendahara Desa Palo.

“Betul, dia diperiksa sebagai saksi dari kasus Bunyamin alias Memet. Dia pun diduga terlibat didalam kasus Memet, dan Intinya sudah diperiksa Si-Baim dan sekarang masih menunggu hasil audit Inspektorat,” kata Kasat A. Effan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjutnya, Baim selaku Bendahara desa Palo mengaku, ada pemotongan intensif perangkat desa ADD di tahun 2017.

“Ketika diperiksa, ia menjelaskan ada pemotongan Intensif perangkat desa yang bersumber dari ADD tahun 2017″, ujar Kasat mengutip pernyataan Baim saat pemeriksaan.

Menurut Kasat Reskrim, saat ini pihaknya belum bisa memastikan pihak terkait sudah tersangka korupsi atau belum. Dianggap kasus korupsi kecuali sudah P21. “Karena kami di ibarat mencari mana yang benar dan mana yang salah. Intinya, kami cuman mengambil keterangan dari pihak-pihak terkait”, jelasnya Effan.

Lebih lanjut, Kasat Reskrim menguraikan, dalam penyelidikan itu harus mengumpulkan keterangan dan setelah itu penyelidik melihat apakah masuk dalam unsur pidana atau bukan.

“Jika ditemukan unsur pinadanya, maka itu dinaikan ke penyidik. Penyidik itu sama dengan penyelidik tapi bedanya penyelidik masih dalam bentuk klarifikasi”, tuturnya.

Diapun menambahkan, dari pihak penyelidik tugasnya di anggap selesai, tinggal menunggu hasil Audit dari Inspektorat.

“Kami sudah periksa semua, jadi hanya menunggu hasil audit. Jika ada temuan baru, maka akan di tindaklanjuti,” terangnya

Red: Fhandi

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *