oleh

Harga Barito di Sula Mulai Melonjak

MALUT.LENTERA CO.ID – Meski baru memasuki pertengahan bulan ramadhan, harga Bawang, Rica, Tomat (Barito) di pasar Basanohi Sanana melonjak. Demikian itu dikatan Ganti Fokatea, pedagang Barito saat diinterview oleh reporter Lentera.co.id pada Jumat 24 mei 2019.

Ganti menjelaskan, harga barito baru mengalami kenaikan tiga hari yang lalu sehingga mendesak mereka para penjual barito di Sanana, terpaksa ikut menyesuaikan kenaikan harga tersebut. Ini dilakukan agar mereka juga mendapat sedikit keuntungan. “Karena semua barito di impor dari Manado, Sulawesi Utara,” katanya.

Sebelumnya harga 1 kg Tomat Rp 10.000, menjadi Rp.20.000 per kg

Rica 1 kg Rp.20.000, meningkat menjadi Rp.40.000 per kg.

Sedangkan bawang putih dan bawang merah tetap pada harga sebelumnya Rp 70.000 per kg. Dan rica kriting Rp.70.000 per kg.

Lonjakan harga Barito ini menui kritik dari akademisi Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Sanana (STAIS) Babussalam Sula, Amirudin Yakseb, melalui pesan whatssapnya ke reporter Lentera, meminta pemerintah Kepsul menstabilkan harga Barito di pasar Basanohi Sanana. “Mengingat saat ini ekonomi masarakat menurun lantaran anjloknya harga Kopra,” ujarnya.

Lanjut dia menyarankan pemerintah harus melakukan identifikasi jangan sampai ada pedagang yang bermain harga.

Rep: Gopal

Download Download

Tentang Penulis: Reporter SULA, Irwan FOKATEA

Reporter SULA, Irwan FOKATEA
IRWAN FOKATEA adalah Reporter Lentera.co.id sekaligus Kontributor dan Pembimbing Om Desa yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *