oleh

Cuaca Buruk di Sula, BNPBD Imbau Warga Waspada

MALUT.LENTERA CO.ID — Pergantian musim Barat ke musim Timur, di pesisir laut Sanana Kabupaten Kepulauan Sula mengakibatkan gelombang tinggi yang terjadi disekitar pesisir laut Sanana. Olehnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) kabupaten kepulauan Sula Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) Mengimbau Masyarakat agar Sula tetap waspada. Terutama para nelayan setempat.

Kepala BNPBD Kepsul, Misbah Wamnebo saat ditemui reporter Lentera.co.id, menuturkan bahwa perubahan musim yang akhir-akhir ini terjadi mengakibatkan gelombang laut tidak bersahabat. Untuk menghindari hal tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada terutama para nelayan setempat.

“Kami mengimbau sebelum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Karena pengalaman kemarin itu adalah kelalaian Masyarakat pada saat mereka dari pulau kesini dengan cuaca yang tidak bersahabat, tapi mereka paksakan, sehingga ada korban” imbuh Misbah pada reporter Irwan, Kamis, 23 Mei 2019.

Dikatakan, kondisi cuaca yang buruk seperti naiknya gelombang, angin serta hujan dan banjir sehingga dari BNPBD terus siaga sambil ingatkan warga.

Untuk mengatisipasi hal tersebut sebelum ada korban jiwa, pihaknya telah bekerjasama dengan Polisi perairan (Polair) Polres Sula, agar bersama-sama mengawasi setiap kapal maupun perahu nelayan yang hendak beraktifitas. Selain Polair pihaknya juga telah berkomonikasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Selain mengawasi para nelayan maupun motoris, kami terus sweping agar ketika ada nelayan maupun motoris yang beraktifitas harus dilengkapi dengan peralatan jaket renang,” ujarnya.

Misbah mengakui, kelengkapan jaket renang tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dishub untuk menyiapkan peralatan Jaket yang di khususkan para juragang speedboat.

“Hal ini kami lakukan untuk menghindari korban jiwa ketika beraktifitas. Apalagi akhir-akhir ini cuaca laut tidak bersahabat,” tuturnya.

Red: Bahrun

Download Download

Tentang Penulis: Reporter SULA, Irwan FOKATEA

Reporter SULA, Irwan FOKATEA
IRWAN FOKATEA adalah Reporter Lentera.co.id sekaligus Kontributor dan Pembimbing Om Desa yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *