oleh

Perindagkop Kota Ternate Berikan Kemudahan Akses Perbankan

TERNATE,LENTERA.CO.ID – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate bekerja sama dengan PT. Bank BNI melakukan Sosialisasi kepada industri kecil dan menegah dalam kemudahan akses perbankan.

Dengan menghadirkan 70 peserta yang terdiri dari pelaku usaha baik pelaku usaha kerajinan tangan maupun pangan, sosialisasi ini berlangsung di D’Wantys Hotel kelurahan Tanatinggi Barat kecamatan Ternate. Selasa, 2 April 2019.

Disperindag Kota Ternate, Nuryadin Rahman kepada Lentera.Co.Id, mengatakan kegiatan ini merupakan Sosialisasi yang pertama kali digelar. “Tujuan sosialisasi ini agar supaya pelaku usaha kecil dan menegah (UKM) bisa mengakses lebih mudah kerena selama ini para pelaku UKM sering keterlambatan informasi dan permodalan karena diperbankan itu ada bantuan – bantuan yang sifatnya mikro maupun makro semua ada disitu”

Menurutnya agar para pelaku usaha ini dapat memperoleh informasi lebih jelas dan pelaku usaha punya keberanian untuk melakasanakan kerja sama dengan pihak perbankan, karena ini tugas pemerintah termasuk BUMN yang berkewajiban untuk mendorong ekonomi masyarakat baik itu mikro maupun makro kemudian berkaitan dengan kebijakan Nasional terkait dengan ekonomi kreatif jauh lebih pesat di indonesia, di mana pertumbuhan dan perkembangannya sangat luar biasa menjadi potensi yang sangat di andalkan oleh pemerintah indonesia karena kontrinusinya kurang lebih seribu triliun kepada negara

Lebih lanjut, Nuryadin mengungkapkan, di Kota Ternate sendiri kurang lebih 1261 pelaku usaha yang terdiri dari 3661 tenaga kerja dan omset 1261 itu kurang lebih 49,9 miliar itu omset yang tergabung masing masing pelaku usaha.

“itu artinya bahwa disektor ini sangat menjanjikan karena potensinya sangat membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan” jelasnya.

Oleh sebabnya, Lanjut Kadis, kegiatan ini di lakukan untuk membuka akses membangun komunikasi dengan kehadiran pemerintahan untuk menjembatani pelaku UKM dengan kepentingan pemerintah khususnya di bidang permodalan dan perbankan, “kami coba kerja sama dengan pihak bank BNI karena beberpa tahun ini BNI aktif dalam rangka mendorong ekonomi kreatif”,

Dengan adanya kegiatan-kegiatan BNI Misalnya, tambah Kadis, saudagar mudah dan wirahusaha mudah kemudian pengembangan aplikasi rumah kreatif. sebenarnya dengan pihak bank BNI ini lebih mudah tetapi banyak orang belum bisa mengakses informasi karena semua berkaitan dengan teknologi.

” Oleh sebab itu Teknologi informasi sangat penting bagi pelaku usaha UKM karena bisa mamasarkan prodaknya, bisa mengakses informasi terkait dengan pinjaman permodalan perbankan dan lain sebagainya. ini semua berakses informasi melalui teknologi dan jika setiap tahun kami melaksanakan saya yakin bahwa di tahun yang akan datang pelaku usaha lebih berani tampil untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi” katanya.

Dirinya berharap para pelaku UKM yang telah mengikuti kegitan ini dapat memperoleh manfaat dan bisa terbagun untuk mendorong usaha lebih maju dan berkembang.

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *