oleh

Pembangunan Pasar Fagogoru Telan Anggaran 41 Milyar

WEDA, LENTERA.CO.ID – Setelah lebih dari tiga tahun terbengkelai akibat kebakaran di 2016 kemarin, pembangunan Pasar Fagogoru Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) akhirnya dimulai. Peletakan batu pertama secara simbolis dilakukan Bupati Edi Langkara, Rabu 20 Maret 2019.

Pembangunan Pasar Fagogoru menurut kepala Dinas Perindakop dan UKM Kabupaten Halteng, Safi Abdullah menelan dana sebesar Rp 41 Milyar yang bersumber dari APBN.

Pasar yang terletak di Desa Fidi Jaya Kecamatan Weda ini dibangun dua lantai dengan masing-masing untuk lantai satu seluas 3.406 M2 serta lantai dua seluas 3.416.80 M2 yang dibangun diatas lahan milik Pemerintah seluas 15,453 M2.

Untuk lantai satu, dibangun lapak dengan type 25 sebanyak 46 Unit, dua los areal, dua toilet, lafatory 4 unit dan ruang panel satu unit. Sementara di lantai dua, dibangun lapak dengan type 40 sebanyak 12 unit, type 50 dua unit, minibat 14 unit, restoran 2 unit, rood corn dua areal,,caffe dua areal serta ruang pengelola satu unit.

“sistim pembangunan pasar moderen Fagogoru ini, Menggunakan sistim multi year dengan pelaksana dari PT. Intim Kara dengan target waktu pelaksanaan selama 865 hari yang dimulai pada Februari 2019 hingga Juni 2021” Ujar Kadis.

Lebih lanjut, Kadis menambahkan bahwa pembangunan pasar moderen Fagogoru ini tentunya untuk mewujudkan Halteng yang memadai serta representatif dan nyaman serta mudah bagi pedagang dan masyarakat dalam transaksi kebutuhan sehari-hari.

Kadis berharap, pasar Fagogoru selain menjadi pusat ekonomi masyarakat Halteng, juga menjadi objek wisata ekonomi untuk wilayah Maluku Utara.

“Semoga Pekerjaan pasar moderen Fagogoru bisa selesai tepat waktu, diharapkan pula tidak hanya menjadi pusat Ekonomi namun jadi objek wisata di Halmahera Tengah” tutupnya.

Download Download Download Download Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *