oleh

Bawaslu Tikep Panggil Para Saksi Dugaan Kasus Keterlibatan ASN Dalam Pemilu

TIDORE,LENTERA.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tikep hari ini memanggil para saksi atas temuan dugaan adanya keterlibatan 4 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kota Tidore Kepulauan.

Kepada Lentera.Co.Id, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Kudin Tosofu membenarkan bahwa pihaknya telah melayangkan surat peanggilan pada Sabtu, 16 Maret 2019 kemarin.

“Kami suda panggil namun hingga siang menjelang sore ini, belum ada yang memenuhi panggilan kami” ujar Kudin. Senin, 18 Maret 2019 sekira pukul 13.34 WIT di Kantor Bawaslu Tikep Siang tadi.

Lebih lanjut, kudin memaparkan bahwa saksi – saksi yang di panggil rata – rata beralamat di kelurahan Mafututu diantaranya, Abas Yunus, Ahmad Sabtu, Hamisi Yunus, Irwan Saleh, Ishak S. Husen, Ishak S. Senen, Saya Haeradi, Muhammad Husen, Slamet Wahab, Sukardi Yunus dan saksi lainnya yang terlibat dalam pertemuan terbatas calon anggota DPRD Kota Tikep partai PDIP, Daud Soleman.

“Alasan mereka tidak hadir memeuhi paggilan kami adalah tanpa keterangan” jelas Kudin.

Rencananya, tambah Kudin, akan dipanggil kembali pada Rabu, 20 Maret 2019 mendatang. “Jika tidak hadir setelah dilayangkan tiga kali panggilan maka Gakkumdu bisa simpulkan bukti temuan panwas kecamatan, apalagi video juga cukup jelas”

Sementara untuk klarifikasi empat ASN, Kudin membenarkan bahwa pihaknya akan memangil 4 ASN serta caleg pada Selasa, 19 Maret 2019 Besok untuk dimntai keterangan.

“Mereka akan dipanggil sebagai terlapor beserta caleg atas nama Daud Soleman dari partai PDIP” kata Kudin

Ketua Bawaslu juga menyampaikan, apabila dari dugaan tersebut kemudian terbukti dalam pidana pemilu seperti yang diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 pasal 494, maka terlapor akan dikenakan sangsi berupa 1 tahun penjara dan dikenakan denda sebesar Rp 12.000,000.-

Untuk itu, lanjut Kudin, Saksi diharapkan dapat hadir, sebab pangilan pihaknya bersifat undangan.

Diketahui, kasus temuan keterlibatan 4 ASN ini mencuat setelah adanya laporan temuan oleh Panwas Kecamatan Tidore dengan nomor 03/LHP/PM.32.02/PWSCM-TDR/III/2019 yang menyebutkan bahwa pada Sabtu, 09 Maret 2019 sekira pukul 21:00 – 00:00 WIT, di Kelurahan Tuguwaji diadakan pertemuan tebatas oleh calon anggota (caleg) DPRD Kota Tikep dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nomor urut enam daerah pemilihan I (Kecamatan Tidore dan Kecamatan Tidore Timur), Daud Soleman.

Pertemuan yang digelar di rumah Hi. Ridwan M. Ali tersebut melibatkan 16 orang, 4 orang di antaranya adalah ASN aktif di instansi Kota Tikep diantaranya, Hi Ridwan M Ali, Pardi M Ali (staf di dinas Sosial), Samsul Failisa (Sekertaris Kecamatan Tidore Timur) dan Halil Barakati (diketahui staf di Dinas Perhubungan). Empat orang lainnya yang juga hadir dalam pertemuan tersebut merupakan calon anggota Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yakni Abas Maya, Ahmad Sabtu, Ishak Saban dan Sukardi Yunus. Sementara 8 orang lainnya merupakan masyarakat Kelurahan Mafututu lingkungan manga gole yang di mobilisasi untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News