oleh

Bupati Halsel Resmi Buka STQ XXV di Bibinoi

LENTERA MALUT — Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) ke XXV resmi di Helat. Kegiatan tersebut di buka oleh Bupati Halsel Hi. Bahrain Kasuba, turut hadir, Wakil Bupati Iswan Hasjim, bersama Ibu Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Halsel, Yeni Amelia, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Unsur Forkopimda Halsel, Pimpinan SKPD, Kepala Kementerian Agama, Camat dan para Kafila yang mewakili 30 Kecamatan yang ada di Halsel, Masyarakat desa Bibinoi dan desa sekitarnya.

Acara diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, Pembacaan Kalam ilahi, serta pelantikan Dewan Hakim, yang dilantik langsung oleh Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim.

Bupati Halsel, Hi. Bahrain Kasuba dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan STQ yang dilaksanakan tahun ini adalah momentum yang sangat strategi bagi penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di Kabupaten Halsel.

Hal ini, menurutnya tepat dilaksanakan disaat pemerintah Kabupaten Halsel sedang melakukan proses secara masif, mulai dari desa sampai ke Ibu Kota Kabupaten Halsel.

“Dengan momentum STQ ini mari kita satukan komitmen untuk menjaga kedamaian negeri ini dengan tetap menjaga toleransi antar umat beragama serta menjaga kekeluargaan yang sudah terjalin selama ini dalam bingkai yang hakiki,”ungkap Bupati

Bupati juga menghimbau kepada para peserta STQ ini, agar dapat bermusabakah secara sehat, selalu utamakan pemahaman dan pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya mengejar juara 1, 2 dan 3 dalam STQ ini tetapi dapat menjadikan Alquran yang anda lombakan ini sebagai panglima kehidupan dan kompas penentu arah dalam mengarumi kehidupan duniawi untuk menuju pulau akhirat sebagai pulau tujuan dan impian.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara STQ dan seluru masyarakat kecamatan Bacan Timur Tengah khususnya masyarakat Desa Bibinoi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kepada seluruh official dan para peserta saya ucapkan selamat bermusabah, semoga hasil dari peserta STQ ini bisa terpilih yang terbaik untuk mewakili Provinsi Maluku Utara menuju ke STQ tingkat Nasional,”tutup Bahrain.

Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Alqur’an Kabupaten Hasel melaporkan bahwa penyelenggara STQ tahun ini adalah sebagai salah satu bentuk dakwa dan bentuk syiar islam serta dapat menyembuhkan kesadaran diri dari kecemburuan sosial umat muslim.

Lanjut Sekda, Peserta berasal dari 30 Kecamatan yang ada di Wilayah Halsel, yang berjumlah 160 orang, terdiri dari Golongan Tilawah Anak sebanyak 39 orang, diantaranya cabang tilawah putra sebanyak 20 orang, putri 19 orang, Golongan tilawah dewasa sebanyak 44 orang, yakni cabang tilawah dewasa putra 25 orang, putri 19 orang. Sedangkan Cabang Hifzil Quran sebanyak 77 orang yang terdiri dari golongan 1 Zus putra 21 orang, golongan 1 Zus putri 21 orang, 5 jus putra 13 orang, 5 Zus putri 13 orang, golongan 10 Zus 2 orang, golongan putri sebanyak 5 orang, golongan 10 Zus putra 2 orang.

“Semoga semua kafila dapat mengikutinya lomba STQ ini dengan baik, sehingga dapat ikut bertanding tingkat Provinsi dan Nasional,” tutupnya

Pembukaan STQ yang diselenggarakan di Desa kelahiran orang nomor satu di Halsel ini, ditandai dengan pemukulan Tifa dan penekanan tombol Serine oleh Bupati Halsel bersama Wakil Bupati dan unsur Forkopimda Halsel.

Pelaksanaan STQ berlangsung selama 5 hari,dimulai dari tanggal 15-20 Maret .

Red:Van

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *