oleh

Diduga Masif Berpolitik Praktis, ASN Resmi Dilaporkan ke Bawaslu Tikep

TIDORE, LENTERA.CO.ID – Panwaslu Kecamatan Tidore resmi menyerahkan laporan pengawasan pemilu terkait pertemuan terbatas calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) atas keterlibatan empat Aparatur Sipil Negara (ASN) dillingkungan pemerintah Kota Tikep ke Badan Pengawas Pemilu Kota Tikep.

Laporan dengan nomor 03/LHP/PM.32.02/PWSCM-TDR/III/2019 menyebutkan bahwa pada Sabtu, 09 Maret 2019 sekira pukul 21:00 – 00:00 WIT, di Kelurahan Tuguwaji diadakan pertemuan tebatas oleh calon anggota (caleg) DPRD Kota Tikep dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nomor urut enam daerah pemilihan I (Kecamatan Tidore dan Kecamatan Tidore Timur), Daud Soleman.

Pertemuan yang digelar di rumah Hi. Ridwan M. Ali tersebut melibatkan 16 orang, 4 orang di antaranya adalah ASN aktif di instansi Kota Tikep diantaranya, Hi Ridwan M Ali, Pardi M Ali (diketahui staf di dinas Sosial), Samsul Failisa ( diketahui Sekertaris Kecamatan Tidore Timur) dan Halil Barakati (diketahui staf di Dinas Perhubungan). Empat orang lainnya yang juga hadir dalam pertemuan tersebut merupakan calon anggota Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yakni Abas Maya, Ahmad Sabtu, Ishak Saban dan Sukardi Yunus. Sementara 8 orang lainnya merupakan masyarakat Kelurahan Mafututu lingkungan manga gole yang di mobilisasi untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Sekertaris Kecamatan Tidore Timur, Samsul Failisa | Foto Istimewa

Dalam laporan juga menerangkan bahwa pertemuan tersebut diduga adanya indikasi mengatur strategi untuk memenangkan Daud Soleman dari partai PDIP. Selain itu dilampirkan juga sejumlah bukti dalam bentuk foto, rekaman audio visual berdurasi 1 jam, 5 menit, 37 detik serta rekaman video berdurasi 3 menit 30 detik.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore, Supriyanto Ade kepada Lentera.Co.Id membenarkan bahwa pertemuan tersebut dilakukan berdasrkan hasil laporan dari Pengawas Pemilu Lapangan Kelurahan Mafututu dan panwaslu kecamatan tidore timur.

“setelah mendapat laporan, saya langsung datang dan ikut pertemuan tersebut dan Caleg bersangkutan menyampaikan permohonan maaf atas tidak diberitahukanya kegiatan dengan alasan rapat keluarga. Namun saya bersikeras untuk ikut dan mengambil datanya berupa foto, rekaman serta video” ujar Ipin sapaan akrab Supriyanto Ade. Selasa, 12 Maret 2019 Sore tadi.

Ipin menambahkan bahwa caleg Daud Soleman membenarkan pertemuan tersebut di inisiasi oleh, Hi Ridwan M. Ali.

“Daud Soleman di pertemuan itu bilang kalau rapat keluarga di perkarsai oleh ASN atas nama Hi. Ridwan M. Ali, sementara Pardi M. Ali dan Samsul Failisa mengajak tokoh masyarakat yang hadir untuk menggalang dukungan memenangkan kandidat Daud, sementara Halil Barakati hanya mengaskan basis yang dia punya” Ungkap ipin menjelakan pertemuan terbatas tersebut.

Sementara Devisi Hukum, Penanganan dan Penindakan, Bawaslu Kota Tikep, Amru Arfa saat dikonfirmasi via whatsapp membenarkan laporan resminya sudah di diserahkan oleh Panwaslu Kecamatan dan  telah di pleno untuk ditindak lanjuti pada Senin, 18 Maret 2019 mendatang “hari senin baru klarifikasi”

Terkait penanganan kasus di Bawaslu Tikep, Amru menambahkan bahwa sejumlah kasus sudah di tangani melalui Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Kasus pidana ada 3, Di hentikan oleh penyidik di pembahasan tahap II dan III. Kasus Administrasi sudah dan direkomendasi ke KPU dan yang bersangkutan sudah di coret dari daftar caleg. Kemudian Kasus etik ada 3 dan sudah di rekomendasikan ke KSN. Untuk sementara di tangani ada 4 kasus rencana di agendakan klarifikasi hari senin” tutup Amru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News