oleh

Peringati HPSN, Pemkot Ternate Ajak Masyarakat Sadar Sampah.

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang dipusatkan di Pengolahan Sampah tepatnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Takome, Kecamatan Pulau Ternate, Pada Kamis 28 Februari 2019.

Kepala DLH Kota Ternate, Mansyur Abdurahman mengatakan, dalam memperingati HPSN seharusnya kegiatan ini dilaksanakan pada 21 Februari 2019, namun pemkot Ternate berinisiatif kegiatannya diundur pada Kamis 28 Februari 2019. Tujuan HPSN adalah mengerakan jiwa masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli sampah.

“HPSN 2019 ini di seluruh wilayah Indonesia dan dilaksanakan di lokasi fasilitas pengelolaan sampah terutama di TPA, ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, stakeholder dan seluruh elemen mengenai kondisi TPA dan permasalahan sampah saat ini,” kata Mansyur Abdurahman, saat dikonfirmasi, Kamis kemarin

Selain itu kata Mansyur, dengan kegiatan ini tujuan utamanya membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah. Selain itu mendorong budaya bersih dan produktif ditengah masyarakat melalui partisipasi masyarakat.

“Kegiatan ini juga bagian dari menumbuhkan paradigma baru yaitu sampah sebagai sumber daya. Sasaran yang diharapkan dari pelaksanaan HPSN 2019 yaitu dapat mewujudkan Ternate bersih dengan melibatkan partisipasi dari tingkat bawah ke atas dan hulu ke hilir dengan melibatkan masyarakat,” kata Mansyur lagi.

Sementara itu, Wakil Walikota Abdulah Taher dalam kesempatan itu mengatakan, permasalahan utama hampir seluruh daerah di Indonesia termasuk Kota Ternate adalah sampah. Karena itu Kota Ternate akan fokus dalam melakukan penanganan.

“Kami bersih-bersih lingkungan dengan komunitas komunitas peduli lingkungan seperti komunitas sadar sampah Kota Ternate (Kosakate), komunitas soluk bumi dan komunitas komunitas lainnya. Semoga sinergitas kita dalam mengatasi permasalahan sampah ini dapat terus terjalin dengan baik untuk bersama sama kita mewujudkan kota Ternate yang sehat bersih, sejuk dan nyaman untuk semua orang,” kata Abdullah Taher.

Wakil walikota juga menghimbau seluruh elemen di kota Ternate untuk bersama sama menjaga lingkungan tetap bersih, sehat bebas sampah agar masyarakat dapat hidup secara nyaman dan terbebas dari segala macam penyakit yang di timbulkan oleh lingkungan yang kurang sehat dan juga penyakit yang di timbulkan oleh sampah itu sendiri.

“Solusi penanganan dan penggunaan sampah dari sumbernya, diharapkan di setiap kelurahan nantinya terdapat satu bank sampah satu kelurahan,” harap Abdullah.

Hana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News