oleh

Divonis 5 Bulan Penjara, Ketua DPRD Halteng Bakal Diberhentikan

Download

LENTERA MALUT – Menanggapi vonis 5 bulan oleh Mahkama Agung terhadap ketua DPRD Halmahera Tengah, Rusmini Sadar Alam atas kasus penyuapan, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Halteng, Hi Yunus Seliden menyatakan bahwa, besok ia bersama anggota BK lainnya akan menghadap langsung ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) di Ternate, Maluku Utara.

“Tujuan BK adalah ingin mengetahui status Hukum bahwa ini masuk pidana Umum atau pidana khusus,” kata Yunus kepada reporter media ini, Senin, 4 Maret 2019 di kantor Dewan Halteng.

Anggota DPRD dari partai Gerindra ini menyatakan, bahwa secara pribadi ia tidak menginginkan hal tersebut. Namun demikian itu menjadi kewajiban BK sehingga pihaknya hanya ingin meminta kejelasan kepada Kejati Malut soal status hukum ketua DPRD. “Karna ini menyangkut kode etik di lembaga DPRD,” ujarnya.

“Jika setelah diterima bukti dari MA benar terbukti bahwa Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Tengah Rusmini Sadaralam SE divonis maka dalam waktu dekat juga akan BK melakukan proses pemberhentian,” tegas Yunus.

Perlu diketahui, setelah ketua DPRD Halteng Rusmini Sadar Alam diputus bebas oleh pengadilan atas kasus penyuapan di Polda Malut pada beberapa waktu lalu, membuat Jaksa setempat melakukan upaya hukum banding ke MA sehingga pada ahirnya Politisi PDI Perjuangan itu pun divonis 5 bulan penjara bersama pengacarannya.

Red: Fhandi

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *