oleh

Basarnas Gelar Pelatihan Potensi SAR, Bersinergi dengan TNI, Polri dan Masyarakat

LENTERA MALUT – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor Basarnas Ternate melaksanakan pelatihan potensi SAR Tahun 2019 yang bertajuk, “Melalui pelatihan potensi SAR di Wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut)” dipusatkan di Aula Kantor Basarnas Ternate pada Senin, 18 Februari 2019.

Kegiatan tersebut adalah upaya meningkatkan kompetensi potensi SAR untuk tercapainya penyelenggaraan operasi SAR yang efektif dan efesien. Itu sebanya, acara itu dihadiri Direktur Bina Potensi SAR RI, Walikota Ternate, TNI Polri danUnsur Forkompinda.

Marsekal Pertama TNI Direktur Bina Potensi SAR RI, F. Indra Jaya mengatakan, pelatihan potensi SAR di Ternate ini dilaksanakan dengan tujuan untuk bisa melatih para potensi SAR yang ada di Ternate agar bersinergi dengan TNI Polri, Pemerintah dan Masyarakat setempat.

“Jika terjadi potensi operasi SAR, bisa sama-sama melaksakan kegiatan pencarian dan pertolongan. Olehnya, melalui kegiatan yang dilaksanakan selama 7 hari ini, mulai dari medical rescue water rescue,” ucapnya

Indra juga mengatakan, dari kegiatan yang sudah di laksanakan, utamanya mereka harus bisa menyelamatkan diri sendiri. Setelah bisa, baru bisa memberikan pertolongan kepada orang lain. Kemudian dilaksanakan dengan water rescue, jika terjadi kecelakaan di air, maka dengan pelatihan inilah yang akan diajarkan.

“Untuk personil sendiri yang di ikutkan sebanyak 40 personil diantaranya TNI-Polri dan masyarakat,”kata Indra

“Semoga kedepanya, kantor SAR Ternate bisa memiliki fasilitas yang standar agar bisa mengcaver dan digunakan. Untuk Malut sendiri, masi terdapat dua pos SAR, yakni di Tobelo dan Bacan. Jika dilihat luas wilayah, masih kekurangan pos SAR. Namun masi di pergunakan dengan baik,” pungkasnya.

Red: Hana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News