oleh

Kabag Humas Dinilai Gagal Publikasi Agenda Bupati dan Wakil Bupati Halteng

LENTERA MALUT – Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gele-Gele, Kabupaten Halmahera Tengah, Husen Ismail kembali menyoroti kinerja Bagian Humas dan Protokoler yang di nakodai Kepala Bagian, Yusmar Ohorela. Pasalnya, banyak agenda Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Tengah yang tak terpublikasi dengan baik, baik kunjungan kerja (Kuker) dalam daerah maupun luar daerah.

Padahal, kata Husen, fungsi Kabag Humas dan Protokoler sebagai corong pemerintahan atau juru bicaranya Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh pimpinan OPD dimana-mana, sehingga sering diistilakan informasi satu pintu, yakni di pintu Humas. Hal itu menurut dia, agar masyarakat Halteng juga dapat mengetahui seluruh kinerja pemerintahan di daerah ini. Namun fungsi dan peran humas yang dimaksud tidak dilakukan sebaik mungkin.

“Saya menilai Kabag Yusmar tidak cocok menempati posisi itu karena belum mampu menangani semua fungsi kehumasan serta memiliki jabatan sebagai dosen di Akademi Komunitas Negeri (AKN) Halteng,” kata Husen kepada reporter media ini, Selasa, 12 Februari 2019.

Husen mengatakan, suksesnya program pembangunan serta kebijakan pemerintah daerah, khususnya dari aspek hubungan dan komunikasi antara Pemerintah dengan masyarakat seluas-luasnya melalui informasi media massa, sangat dibutuhkan peran humas.

“Meningkatkan efisiensi, efektifitas, responsif, transparansi, dan akuntabilitas dalam pelayanan publik, termasuk akses informasi kepada masyarakat melalui sarana teknologi dan informasi berkualitas serta profesional adalah peran kehumasan yang sangat vital,” ujatnya.

BACA JUGA
Koran Masuk Desa Menumpuk di Ruang Humas, Jufri: Saat Diterima, Sudah Edisi Satu Bulan Lalu
Wabub Halteng Buka Acara Sosialisasi Perda tentang RZWP-3-K
Barang Bukti 110 Kartun Miras Mengendap di Lokasi PT. IWIP, Humas Polres Halteng: Menunggu Reskrim
Dua Bulan Honor Satpol PP belum Terbayar, Kasatpol PP: Besok Mereka Gajian

Olehnya, lanjut dia, untuk meningkatkan kualitas informasi kepada masyarakat sebagai bagian pelayanan publik, meningkatkan integritas dan sinergi pembangunan dengan para pemangku kepentingan melalui berbagai kerjasama maupun hubungan media massa harus diutamakan.

Bagian Humas adalah pusat atau sumber penyebarluasan informasi, mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan menyaring informasi, baik untuk dipublikasikan maupun sebagai bahan kajian/penelitian dan bahan masukan kepada pimpinan sebagai dasar pengambilan keputusan. “Tapi sejauh ini langkah itu tak dilakukan oleh saudara Yusmar,” tutup Husen.

Rep/Red: Fhandi

Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News