oleh

Begini Alasan Boy Ang Sebut Perayaan Imlek 2019 Beda dengan Tahun Sebelumnya

LENTERA.CO.ID – Persiapan menyambut tahun baru Imlek pada Selasa, 5 Februari 2019 di Kota Ternate, Maluku Utara, berbeda jauh dengan persiapan-persiapan perayaan tahun-tahun baru imlek yang sebelumnya. Hal ini disampaikan langsung oleh pendeta Konghucu JS Boy Ang kepada Repoter media ini, ditempat kerjanya, Senin 4 Februari 2019.

“Kemarin kami sudah ritual yaitu bersih-bersih klenteng (tempat ibadah). Tadi malam sudah penutupan tahun baru imlek dan jam 8 upacara sembahyang dilaksanakan. Kita harus mensyukuri bahwa satu tahun itu sudah dijalankan ibadah dan berdoa untuk upacara syukur dimana kita telah melewati tahun ini, Kemudian dilanjutkan upacara sembahyang ke dua kali dimulai jam 9-10 untuk pembukaan tahun baru,” jelas Boy Ang

Boy Ang mengatakan, untuk perayaan tahun baru Imlek 2019 ini bersifat lokal, hanya dirayakan khusus internal Agama Konghucu dan tidak melibatkan sudara-sudara agama lain maupun pemerintah Kota Ternate.Hal ini berdasarkan kondisi alam yang banyak menimpah ummat manusia yang ada di daerah lain.

Perayaan yang biasa dibarengi dengan pertunjukan barongsai dan pesta-pesta serimonial yang lain sperti perayaan imlek yang dilakukan sebelumnya dengan tahun ini sangat berbeda. Sebab, kata dia, pihaknya sangat prihatin dimana akhir-akhir ini banyak sekali bencana alam yang terjadi. Olehnya, mereka tidak membuat rangkaian kegiatan. “Yang kami lakukan hanya beribadah saja. Kami tidak mau berhura-hura ketika saudara kita tertimpa musibah. Lebih baik kita memberikan bantuan dari pada membuat sesuatu yang tidak bermafaat,” ujatnya.

“Kalau ada anggaran, lebih bagus subangkan saja kepada mereka yang terkena bencana alam dari pada dipergunakan untuk berpesta pora maupun bersenang-senang ditahun baru imlek ini.”

Kemudian, lanjut Boy, suasana perayaan tahun baru imlek juga bertepatan dengan tahun politik. Itu sebabnya, pihaknya juga tidak ingin dipolitisasi. “Kami menghindari sesuai komitmen ajaran agama (konghucu),” terangnya.

“Harapan kedepan, perayaan imlek mudah-mudahan lebih baik dan cuaca juga bersahabat dengan kita serta pimpinan-pimpinan politik kita juga bisa membawa indonesia ini lebih baik,” harap Boy Ang.

Red: Hana

Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News