oleh

AKBP. Busranto Resmi Jabat Kepala BNNK Tikep

TIDORE, LENTERA.CO.ID – Kepala BNN Provinsi Maluku Utara, Brigjen Pol, Dr. Benny Gunawan, SH., MH, melantik Kepala BNN Kota Tidore Kepulauan, AKBP. Busranto Abdullatif, S.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Muda Bidang Pidum Ditrskrimum Polda Malut, bertempat di aula kantor Pemkot Tikep pada Rabu, 16 Januari 2019.

Dalam sambutannya, Brigjen Benny menyampaikan BNN lahir atas kajian semakin tingginya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Indonesia sehingga terbentuk BNNP dan BNNK.

Menurutnya, pelantikan kepala BNN Kota Tikep yang dilaksanakan di aula Pemerintah Daerah ini merupakan hal yang politis dan penting, mengingat wilayah ini masuk dalam mapping wilayah rawan Narkoba dan merupakan wilayah penyangga terdekat dari kota Ternate. Untuk itu kepala BNN Provinsi Maluku Utara berharap kerjasama yang baik antara BNNK, Pemerintah Daerah, Polres, Dandim 1505 Kota Tikep dalam pemberantasan Narkoba.

“Fakta bahwa jumlah Penyalahguna Narkoba 13.181 orang di Provinsi Maluku Utara dengan 71 jenis Narkoba baru (NPS) namun 68 jenis yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No.7 Tahun 2018, kondisi ini memberikan sinyal bahwa Narkoba merupakan ancaman serius dan berdampak luas” katanya.

Hal inilah, lanjut Benny, membutuhkan perhatian dan kerjasama seluruh Komponen Masyarakat melalui Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNNP juga mengingatkan Instruksi Presiden Tentang Rencana Aksi Nasional P4GN, dimana dilaksanakan secara bersamaan dan terintegrasi, termasuk tes urine kepada ASN, tujuannya agar secara dini dapat dideteksi penyalahgunaan Narkoba dan jika positif akan direhabilitasi sehingga menjadi pulih.

“BNN di tahun 2019 bersama kementerian Desa dengan ketersediaan dana desa melaksanakan Desa / Kelurahan Bersinar bersama 3 pilar yaitu Babinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa, diharapkan Kepala BNNK Tikep juga memaksimalkan koordinasi untuk pelaksanaan program tersebut, Saya yakin dengan latar belakang di Bareskrim Mabes Polri erat kaitannya dengan tugas BNN sehingga Kepala BNNK dapat melaksanakan tugas dengan membangun koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Daerah,” pintanya.

Sementara Sekretaris Daerah, mewakili Walikota Tikep, Drs. H. Asrul Sani Soleman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tikep akan intens menunjang dan meningkatkan kerja sama dengan BNNK Tidore, salah satunya dengan melaksanakan tes urine bagi pejabat dan ASN yang dapat menciptakan KotaTidore Kepulauan yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba,

Ditempat yang sama, Kepala BNNK Tikep, AKBP. Busranto Abdullatif, S.Pd saat ditemui LENTERA menyampaikan bahwa akan berkomitmen untuk mendeteksi pergerakan pengedaran narkoba di wilayah kota Tidore sebagai bentuk tanggung jawab anak Negri.

“Tidore adalah negeri yang dibangun atas dasar Loa se Banari (bersih dan jujur), untuk itu, pemberantasan narkoba harus di dorong melalui semangat bersama dari semua kalangan. Bukan hanya sekedar tugas BNNK, tapi ini merupakan tanggungjawab bersama” tegasnya.

Turut hadir dalam upacara pelantikan, Dandim, Kajari, Pejabat Pemerintah Daerah, Pejabat BNNP dan BNNK se-Provinsi Malut, tokoh masyarakat serta tokoh adat Kota Tidore Kepulauan.

Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News