oleh

Peringati Hari Amal Bhakti, Kankemenag Halteng Enam Sasaran Program Stragis 2019

HALTENG, LENTERA.CO.ID – Memperingati hari Amal Bhakti ke-73, Kementrian Agama Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut), menggelar upacara dilapangan Kantor Kemenag Halteng, Kamis 3 Januari 2019.

Inspektur Upacara, M. Ridho Saleh, dalam sambutannya mensyukuri apa yang tengah dicapai oleh Kemenag Halteng ditahun terakhir 2018. Ia menuturkan prestasi yang dicapai, seperti tercermin antara lain dari kenaikan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi. Selain itu, juga indeks kepuasaan publik atas pelayanan kemenag, yakni seperti pelayanan haji dan pelayanan pencatatan nikah yang terus meningkat.

Staf Ahli Bupati, Bidang Ekonomi dan Keuangan, itu menyampaikan bahwa banyak unit organisasi dan satuan kerja Kementerian Agama sejak 2017 dan 2018 menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan mengembangkan digitalisasi pelayanan publik di bidang keagamaan.

Memasuki Tahun 2019, M. Ridho memaparkan enam sasaran strategis program Kemenag Halteng yang telah digariskan, yakni meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan hingga peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama.

“Agama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik, toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap-sikap menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain,” katanya.

Sementara, tambah M. Ridho, moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrem.

Adapun pembangunan akhlak adalah aspek yang sangat fundamental sebagai pilar utama keadaban bangsa, agar kita semua tidak tercerabut dari fitrah kemanusiaan kita.

“Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ini membawa pesan kepada kita semua untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai ke-Tuhanan dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa,”tutur M. Ridho

Masalah agama adalah masalah yang amat peka yang bila tidak ditangani dengan hati-hati dapat menimbulkan persoalan yang rumit.

Maka, Lanjut M. Ridho, Kementerian Agama amat menyadari pentingnya kematangan cara berpikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan, menjaga kerukunan beragama serta mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa

Hadir dalam upacara tersebut KA Kemenag Halteng, Nazarudin Ali MM Kapolres Halteng AKBP. Andri Hariyanto S,IK bersama Ketua Bhayangkari Kab. Halteng Kabag TU Kemenag Halteng, Nurhalis Abubakar Pimpinan Bank BNI dan BRI Cab.Halteng. Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Anggota FKUB Kab. Halteng. Peserta Upacara terdiri dari, siswa MT,s, MAN, Pramuka Kwarcab Halteng, ASN di jajaran Kemenag Halteng.

Red/Fandi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News