oleh

SDN 01 Umiyal di Pulau Gebe Kekurangan Guru dan Fasilitas Sekolah

HALTENG, LENTERA.CO.ID – Anggaran Operasional Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Umiyal, di Desa Umiyal Pulau Yoy Kecamatan Pulau Gebe, Halmahera Tengah, Maluku Utara (Malut), tidak maksimal.

Hal ini disampaikan oleh seorang tenaga pengajar di SD Negeri 01 Umiyal, Jidi Abd Rahman, kepada Reporter Lentera, pada Selasa 1 Januari 2019.

Ia mengakui, akibat tidak maksimalnya anggaran operasional tersebut, hingga menuai beberapa masalah, diantaranya kurangnya tenaga pengajar, dan fasilitas sekolah yang tidak memadai.

Terkait kurangnya tenaga pengajar, Jidi berharap agar Pemerintah Daerah dalam hal ini, Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Halteng, mengevaluasi untuk menambahkan dua orang guru dibidang studi Pendidikan Jasmani (Penjas) dan Agama.

“karna dari tiga guru pengajar sementara aktif itu masing masing memegang dua kelas,” keluh Jidi, sapa akrab guru di SDN 01 Umiyal Pulau Yoi ini.

Ia menuturkan, hanya 5 orang Guru yang aktif mengajar, termasuk dirinya. Empat orang diantaranya yang PNS yaitu, Hamja Raden, Jidi Abd Rahman, Halima Fataha dan Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 01 Umiyal pulau Yoy, Iryanto Abdurahman, satunya sebagai tenaha honor, yakni Nuraini Ahmad.

Selain itu, masalah fasilitas pun tak luput harus dituntaskan. Karena menurut Jidi, Rabat beton di SD itupun hancur dan enggan di perbaiki, maka Guru dan wali Murid meminta agar segera di perbaiki.

Tidak hanya itu, SD itu pun, lanjut Jidi, masih sangat kekurangan fasilitas berupa Lemari, Kursi dalam kelas, dan Meja. “yang dibutuhkan kas minimal enam buah, dan Meja yang dibutuhkan maksimal 50 dan begitupun kursi 100 buah,”pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah siswa di SD tersebut sebanyak 98 orang, yang terbagi masing masing kelas dimana kelas 1 (satu) ada 27 siswa, kelas dua ada 15 (limas belas) siswa, kelas tiga 16 (enam belas) siswa, kelas 4 (empat) ada 9 siswa, kelas 5 (lima) ada 15 siswa dan kelas 6 (enam) ada 16 siswa.

Rep/Fandi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News