oleh

Reses DPRD, El Bahar Conoras Berikan Pendidikan Politik Kepada Masyarakat

TIDORE, LENTERA.CO.ID – Reses perseorangan Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Moc. El Bahar Conoras yang berasal dari Dapil 2 (Tidore Selatan dan Utara) dalam masa persidangan ke III tahun 2018 di gelar di depan mesjid Nurul Bahar, Kelurahan Tomolow.

Setelah mengganti Jalal Marajabesi dalam Pergantian Antara Waktu (PAW), Ko El, sapaan akrab Moc. El Bahar Conoras ini menawarkan warna baru yang semestinya dilakukan anggota DPRD.

KoEl menjelaskan bahwa reses selain menyerap aspirasi juga memberikan pemahaman atau pendidikan politik kepada masyarakat tentang fungsi DPRD berupa legislasi, bajeting dan pengawasan sebagi bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Reses merupakan komonikasi dua arah antara anggota legislatif dan konstituennya untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Daerah Pemilihan (Dapil/red) sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan” ujarnya saat di temui Lentera.co.id sekira pukul 19.00 WIT pada Jumat, 21 Desember 2018 malam tadi.

Lebih lanjut, Ko El menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan reses antara lain adalah UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah; UU RI No 15 Tahun 2006 Tentang Badan Pemeriksa Keuangan, dan UU RI No 27 Tahun 2009 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah.

“Untuk itu, selain menjalankn fungsi reses, Anggota DPRD punya tanggung jawab terhadap konstituennya dalam menjelaskan alur perencanaan pembangunan Daerah, mulai dari alur penyusunan RPJMD, RKPD, KUA-PPAS hingga menjadi perda APBD. Biar masyarakat paham arah pembangunan dan mereka dapat mengusulkan pembangunan sesuai dengan mekanisme yang di atur” ungkap Ko El yang baru dilantik empat bulan lalu.

Selain itu, dalam agenda reses tersebut juga menghadirkan ketua Bawaslu Kota Tikep, Baharudin Tosofu untuk menyampaikan  tentang pengawas Tindak pidana pemilu.

“Karna reses ini dilakukan di tahun politik, maka kami juga menghadirkn Bawaslu untuk menyampaikan tentang edukasi (pendidikan) politik serta pengawasan tindak pidana pemilu” tutupnya.

Red: Irwan

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News