oleh

6 Bulan 7 Ton, Cap Tikus Banjiri Ternate

Download

3 Ton Captikus Hari Ini Dimusnahkan Polres Ternate, 4 Ton Masih di Proses Kejaksaan

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Tanggal Enam Desember 2018 lalu, Polres Kota Ternate, melalui Polsek Sektor Ternate Selatan, menindak sedikitnya 4 orang penyelundupan minuman keras jenis captikus di tempat dan waktu yang berbeda.

Sebanyak 3 orang di tindak di kawasan pelabuhan dermaga Bastiong, sekitar pukul 06.20 wit pagi dan 3 jam sebelumnya juga menindak seorang ibu rumah tangga di kos-kosan Orange Falajawa dua, Kelurahan Kayumerah, Ternate Selatan.

Tiga orang yang turun dari kapal Obi Permai itu, menyelinapkan 77 kantong plastik bening, yang dikemas dalam 3 dos kecil. Sedang ibu rumah tangga itu menampung sedikitnya 150.000 ML Didalam kamarnya.

Baca Juga:Marak Miras Tradisional “Captikus” Jelang Akhir Tahun

Selain itu, 29 agustus lalu, media ini juga mencatat kasus yang sama. Dua orang yang melintasi jalur laut menggunakan pelabuhan Ferry di Kelurahan bastiong juga ditindak anggota jaga Polsek Ternate Selatan, karena menyelundupkan minuman keras yang di kemas di dalam 5 Cergen 25 liter dan 38 kantong plastik.

Dari sekian banyak penyelundupan minuman keras dari berbagai daerah yang masuk di areal Kota Ternate, beberapa kasus diatas mewakil praktek-praktek penyelundupan yang tak terelakkan. Sekaligus menjadi catatan bahwa minuman keras masih banyak diminati oleh masyarakat kota Ternate, padahal barang haram tersebut jika digunakan dapat memicu konflik diantara masyarakat dan bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: Dua Penyelundup Miras Diamankan Polsek Ternate Selatan

Pemusnahan Captikus, Masih Banyak Lagi di Kejaksaan

Dalam 7 bulan terakhir ditahun 2018 ini, sedikitnya Polres Ternate telah menindak sebanyak kurang lebih 7 ton minuman keras jenis captikus. Dan hari ini, 3 ton barang bukti “Captikus” ini kini dimusnahkan Polres Ternate di kawasan lapangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kelurahan Mangga Dua, Ternate Selatan Kota Ternate, Jumat 21 Desember 2018.

Berdasarkan data yang diterima dari Kaporles Ternate, Azhari Juanda, pada Jumat 21 Desember 2018 tadi kepada sejumlah media, tercatat, Polsek Ternate Utara telah mengamankan sebanyak 93 kantong plastik captikus berukuran 500 ml, 200 kantong plastik captikus berukuran 500 ml, dari Polsek Pulau Ternate, 438 liter captikus, dan dari Polsek Subsektor pelabuhan Ahmad Yani sebanyak 146 botol captikus berukuran 600 ml dan 41 kantong plastik cap tikus.

Hasil Operasi Semester Kedua tahun 2018

Temuan itu, menurut Kaporles, sesuai hasil operasi priode bulan Juni sampai Desember sepanjang tahun 2018.

“Polres Ternate hari ini memusnahkan barang bukti minuman keras jenis cap tikus yang sudah sangat meresahkan masyarakat Kota Ternate” ungkap Kaporles.

Pemusnahan barang bukti miras itu, sebagai upaya pencegahan mengantispasi dan memanilisir timbulnya gangguan keamanan dalam kegiatan kepolisian yang ditingkatkan di wilayah hukum Polda Maluku Utara jajaran resort Polres Ternate.

Baca Juga: Polsek Ternate Amankan Tiga Orang Tersangka dan 300 Kantong Miras

Kaporles mengakui masih banyak lagi minuman keras yang belum di musnahkan dari hasil tangkap karena masih menjalankan proses hukum di Kejaksaan Negeri Ternate dan menunggu hasil eksekusi pemusnahan. Ia menyebutkan masih ada sekitar 4 ton dalam proses eksekusi Kejaksaan.

Kapolres berharap masyarakat harus bekerja sama dengan Polisi guna menjaga marwah dan martabat Kota Ternate sebagai Kota yang memiliki adat seatorang.

Pemusnahan Midas Ddengan Menumpahkan Kedalaman Lubang Galiang

“stop minum minuman keras lagi karena sangat berdampak membuat apa saja baik itu pembunuhan, kekerasan, pemerkosaan, pencurian, keroyokan, perkelahian, kekerasan rumah tangga, dan tindakan asusila lainya, maka perlu akan diantispasi,” jelasnya.
Rep/Ajun

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *