oleh

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2018

HALTIM LENTERA CO.ID – Persiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara, Polres Haltim melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Deklarasi Damai dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2018.

Apel yang dihadiri oleh Bupati Halmahera Timur yang diwakilkan pada Staf Ahli M. Djen Mandar, Wakapolres Haltim Kompol Surahman, Danramil 1505-04 Maba Mayor Inf Kusaeri, Para Camat se-Haltim, Danton Satgas Pamrahwan Yonif 731 / Kabaresi, Para Ketua BPD se-Haltim Para Kades se-Haltim, Para Panitia Pilkades se Haltim, Para Calon Kades se-Haltim, Para Toga, Tomas Todat dan pimpinan organisasi kemasyarakatan di wilayah Kecamatan Maba itu, dipinmpin apel Kapolres Haltim pada 18 Desember 2018 AKBP Driyano A. Ibrahim, SH, SIK.

Dalam amanat yang disampaikan oleh kapolres Haltim AKBP Driyano A. Ibrahim, SH, SIK selaku pimpinan apel mengatakan “Pada intinya Apel gelar pasukan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan persiapan dan kelengkapan sarpras beserta unsur terkait seblum diterjunkan ke lapangan, dimana diharapkan semua yang telah direncanakan serta dipersiapkan dapat berjalan secara optimal dalam rangka mensukseskan pam Pilkades Serentak tahun 2018 di Kabupaten Halmahera Timur,” Ungkapnya

Lanjut Driyano Berdasarkan UUD 1945 dan diperkuat dengan Permendagri No 65 tahun 2017 tentang Pilkades maka jelas diketahui bahwa Pilkades juga merupakan wujud keikut sertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya pemerintahan di desa-desa, disamping itu Pilkades juga sarana rakyat dalam rangka membentuk sistem pemerintahan yg sistumatik dalam berkedaulatan rakyat, shg lahir atas hasil dari pemilihan yang bersifat umum, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai juga dgn keinginan dan harapan rakyat.

“Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades serentak ini dan hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengarahkan segala sumber yang ada serta memperkokoh kerjasama dengan pihak pemerintah, penyelenggara Pilkades maupun pihak TNI dengan masyarakat dan mitra keamanan lainnya agar pesta demokrasi Pilkades serentak ini dapat berlangsung aman jujur adil dan demokrasi,”

Kemudian tambahan dari arahan Bupati Haltim yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati M. Djen Mandar, SPd mengatakan “Intinya agar setiap calon kades dapat bersama-sama berkomitmen untuk menyelenggarakan dan mensukseskan Pikades Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Halmahera Timur dengan aman, damai dan nyaman.

Pada pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2018 di wilayah Kabupaten Halmahera Timur ini, terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dari kita semua untuk sekiranya dapat diantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun 2018 di wilayah Kabupaten Halmahera Timur.

“Maka setelah pembacaan Deklarasi Damai tersebut dilanjutkan penandatanganan Deklarasi Damai oleh setiap Calon Kades dan disaksikan oleh Camat, Danramil dan Kapolsek serta mengetahui Kapolres Haltim dan Staf Ahli Bupati yang mewakili Bupati Halmahera Timur sekaligus sebagai penutup rangkayan kegiatan tersebut.

Rep/Ilham

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *