oleh

KPU Malut Tetapkan AGK- YA, Golkar Ucapkan Selamat

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) resmi menetapkan pasangan KH. Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-YA) sebagai gubernur dan wakil geburnur Malut terpilih dari hasil Pilkada serentak 27 Juni 2018 lalu.

Penetapan tersebut dilaksanakan pada rapat pleno terbuka, yang berlangsung di Grand Dafam Bela Ternate, Pada Minggu, 16 Desember 2018. Berdasarkan surat keputusan KPU Malut dengan Nomor 68/PL.03.7/KPT/82/PROV/XII/2018 tentang penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Maluku Utara tahun 2018, KH. Abdul Gani Kasuba dan M Al Yasin Ali (AGK-YA) di tetapkan sebagai perolehan suara terbanyak yaitu 176.669 suara atau 31.79 persen dari total suara sah 555. 685 suara.

Pasangan yang di usung PDI-P dan PKP Indonesia ini unggul 920 suara rival abadinya AHM-Rivai dengan perolehan suara 175.749 suara. Keunggulan dan kemenangan AGK-YA diperkuat setelah ketua KPU Malut Syahrani Somadayo membacakan hasil perolehan suara pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) masing-masing pasangan calon (paslon). Dalam pembacaan hasil pleno, AHM-Rivai 175.749 suara, Bur-Jadi 139.365 dan MK-MAJU 63.902 suara.

AHM-Rivai meraih 176.993 suara, paslon Burhan Abdurahman-Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) sebanyak 143.416 suara, AGK-YA diposisi ketiga dengan perolehan 169.123 suara. Sedangkan Muhammad Kasuba-Madjid Husen (MK-Maju) meraih 65.202 suara.

Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo menyampaikan kepada awak media bahwa, pleno yang dilaksanakan itu untuk mengesahkan formulir DC1 KWK, merekap seleruh hasil pemungutan suara ulang (PSU) dan menetapkan pasangan calon yang terpilih. Ketiga dokumen tersebut selanjutnya di serahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) paling lambat Senin besok melalui melalui Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Malut dalam rangka pengesehan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Pleno hari inikan kita sahkan DC nya dan merekap seluruh hasil PSU dan menetapkan hasilnya kemudian menetapkan pasangan calon yang terpilih. Karena ketiga dokumen itu selanjutnya di serahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Malut dalam rangka pengesehan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“ Pleno hari inikan kita sahkan DC1nya, merekap seluruh hasil PSU dan menetapkan hasilnya kemudian menetapkan pasangan calon yang terpilih. Selanjutnya DPR yang akan menyampaikan ke Kemendagri, karena kita hanya menyampaikan tembusan saja, prosesnya mulai dari DPR. Hasilnya akan di paripurnakan kemudian di serahkan ke Kemendagri,” kata Syahrani usai rapat pleno terbuka.

Syahrani menegaskan, penetepan AGK-YA sebagai gubernur dan wakil gubernur terpiilih sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Berdasarkan putusan MK, AGK-YA unggul 920 suara dari pasangan nomor urut 1, AHM-Rivai.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Haid Usman mengaku menghormati dan tertib hukum. Sebagai partai pengusung, partai Golkar menerima sepenuhnya keputusan MK dan penetapan KPU Malut terhadap AGK-YA sebagai pasangan terpilih pada Pilgub Malut 2018.

“ Secara pribadi, saya Hamid Usman dan atas nama partai Golkar Provinsi Maluku Utara dan seluruh jajaran mengucapkan selamat atas terpilihnya AGK-YA sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara periode 2019-2024,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Malut Muhammad Sinen mengatakan, penetapan KPU bersifat final. Karena itu dia berharap kepada seluruh pendukung masing-masing pasangan calon tidak lagi memunculkan gerakan tambahan yang memicu terjadinya konflik.

Kemenagan AGK-YA pada Pilgub tahun ini merupakan kemenangan bersama. AGK-YA dipilih bukan untuk menjadi gubernur tim sukses (timses) atau gubernur nomor urut 3, tetapi AGK-YA dpilih untuk menjadi gubernur Maluku Utara. “ Mudah-mudahan adanya ketetapan ini kita dapat satukan keretakan. Kerane satu tahun belakangan ini kita di sibukkan dengan masing-masing partai, karena itu mari kita satukan keretakan kembali dan merebut Malut kedepan yang lebih baik lagi.

Red/Hana

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News