oleh

Peringati HAKI, Kejari Halut Ajak Masyarakat Cegah Tipikor

HALUT, LENTERA.CO.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menggelar upacara bendera dan Rangkaian kegiatan sosialisasi Anti Korupsi (HAKI) kepada masyarakat, mahasiswa dan siswa SMA/sederajat dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh pada 09 Desember 2018 lalu.

Menurut Kasi Intel Kejari Halut Erwin Ari, kepada lentera.co.id pada 11 Desember 2018 di ruang kerjanya menyampaikan bahwa, Rangkain kegiatan tersebut diantaranya adalah penerangan hukum, upacara hari anti Korupsi internasional, sosialisai pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi (TIPIKOR) yang diselenggarakan sejak kamis 6 Desember 2018 s/d Selasa, 11 Desember 2018.

“Memperingati hari anti korupsi Internasional, kegiatannya dimulai sejak tanggal 6 desember sampai hari ini tadi rangkaian kegiatanya” kata Erwin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun lentera.co.id, pelaksanaan rangkaian kegiatan pertama Penerangan Hukum dilaksanakan, kamis tanggal 6 Desember 2018 di Universitas Halmahera (UNIRA) dengan melibatkan seluruh civitas Akademik Universitas Halmahaera dari Rektor Universitas Halmahera, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Prodi sampai Mahasiswa. Dengan pembicara M. Yusuf Tangai selaku Kepala Kejaksaan Negeri Halmahera Utara.

Selanjutnya, pada Senin tanggal 10 Desember 2018 Kejaksaan Negeri Halmahera Utara melaksanakan upacara hari Anti Korupsi. Usai melaksanakan upacara kemudian dilanjutkan dengan turun ke masyarakat dalam rangka sosialisasi dan mengajak masyarakat umum untuk turut aktif dalam pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi (TIPIKOR).

Sementara Rangkain kegiatan yang terakhir dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tobelo, pada hari selasa tepat pada tanggal 11 Desember 2018, kegiatan Penerangan Hukum di tingkat Sekolah Menengah Atas ini memberikan pendidikan anti tindak pidana korupsi (TIPIKOR) sejak dini.

“Sebenarnya acaranya tanggal 9 desember tapi karna bertepan dengan tanggal 9 desember itu hari libur, maka peringatannya mundur, upacaranya tanggal 10, abis upacara kita melakukan sosialisai langsung turun ke masyarakat kita bagikan pin, stiker dan sebagainya, intinya kita mengajak masyarakat untuk berperan serta, baik melalukan pencegahan korupsi maupun kerja samanya untuk melaporkan TIPIKOR kalau ada tentunya disertai dengan bukti-bukti yang cukup. Terus rangkaian yang ke tiga tadi kita mengadakan penerangan hukum di SMA 1, intinya kita memberikan pendidikan anti tindak pidana korupsi sejak dini di bangku sekolah, Alhamdulillah tadi dapat respon yang cukup baik dari siswa siswi maupun dari guru” ungkap KASI INTEL Kejaksaan Negeri Halmahera Utara.

Selain itu, Erwin Ari menambahkan bahwa target capaian dari memperingati hari Anti Korupsi se-Dunia ini, untuk mengajak masyarakat agar turut bekerja sama dalam pencegahan Tipikor.

“kita memgajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam pencegahan tindak pidana Korupsi”tutupnya.

Rep/Acul

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News