oleh

Peningkatan Kapasitasa Guru, SMP NEGERI 1 Kota Ternate Gelar Desiminasi Karya Tulis Ilmiah

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Upaya meningkatkan kapasitas guru, Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Ternate gelar deseminasi Artikel Karya Tulis Ilmiah pada Sabtu, 17 November 2018 kemarin.

Pelaksanaan kegiatan ini, kerja sama antara SMP N 1 Kota Ternate dan fakultas keguruan ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Kota Ternate. Sementara tim penilai atau reviwer berasal dari beberapa dosen di FKIP Unkhair.

Kepala sekolah (Kepsek) SMP N 1 Kota Ternate, Mustamin Hamzah saat ditemui reporter media ini di di Aulah sekolah tersebut mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam karya penulisan Artikel.

“Jika ini diperbiasakan dalam penulisan jurnal pasti akan meningkatkan kompotensi guru, dan tulisan tersebut akan menjadi kontribusi dalam peningkatan hasil belajar pada siswa,” katanya.

Kegiatan Deseminasi Artikel Karya Tulis Ilmiah

Lanjut Kepsek Mustamin menjelaskan, karya tulus yang didesiminasikan ini sangat berdampak positif dan menjadi peluang guru untuk kenaikan pangkat, karna selama ini yang menjadi kendala guru dalam kenaikan pangkat/golongan 4 A ke 4 B adalah soal penilitian dan penulisan dalam seminar.

“Untuk Tahun ini, SMP N 1 Kota Ternate sudah dua kali melaksanakan diseminasi, dan 25 orang guru sudah mempresentasikan hasil penilitian dan karya tulis Ilmiahnya”, ujarnya.

Ia mengaku, kegiatan ini juga mengakomodir guru-guru dari SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 4 Kota Ternate, namun semua tak hadir sehingga peserta yang hadir hanya Guru-guru SMP N 1 sendiri.

“Kami hanya memfasilitasi, dan tidak hadiranya dua skolah itu kami tidak tau alasanya, saat kami konfirmasi lewat telepon seluler mereka katakan hadir, tetapi pada pelaksana kegiatan berjalan, mereka tidak hadir,” terang Mustamin.

Selaku Kepsek SMP N 1 Kota Ternate, Mustamin mengatakan, dirinya tidak mau ketinggalan dalam kualitas guru dan selalu berupaya memfasilitasi guru-guru karena diseminasi karya tulis ilmiah ini merupakan inisiatif bersama.

Dia berharap, semua guru harus terlibat dalam menulis dan sering melakukan penilitian agar supaya ada peningkatkan kualitas dan mutu guru, serta mampuh merubah penampilan ketika melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Olehnya, dia mengimbau kepada guru-guru yang belum mengikuti desiminasi, agar persiapkan diri dan harus mengikuti desiminasi selanjutnya. Ia juga meminta kepada guru-guru yang sudah ikut desiminasi harus membantu dan berkolaborasi dengan yang belum ikut untuk melakukan penilitian dan penulisan. “Agar desiminasi selanjutnya mereka sudah siap mempresentasikan karya tulisnya,” tutup Mustamin Hamzah

Rep/Hana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News