oleh

Bawaslu Halbar Gelar Rakernis Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Dalam rangka meningkatkan kinerja Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupeten Halmahera Barat (Halbar), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Halbar mengelar rapat kerja teknis (Rakernis) dalam rangka penanganan pelanggaran pemilu tahun 2019 mendatang, pada Jumat 30 November 2018 tadi.

Kegiatan yang dilangsungkan di Ballroom hotel d’Hoek Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo itu, dihadiri Kordiv Pengawasan dan Hubungan antara Lembaga (PHL) Muhamadun Hi Adam, Kordiv Hukum Pencegahan dan Penindakan (HPP) Aknosius Datang, Kepala Sekertariat Bawaslu Halbar, Hariyanto M Taher, para pimpinan dan Sekertaris Panwaslu Kecamatan se-Halbar.

Ketua panitia Amri Moid dalam laporannya, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan Panwaslu Kecamatan se-Halbar tentang bagaimana proses Penanganan pelanggaran  dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 mendatang.

“Sehingga dalam Pelaksanaan nantinya tidak mengalami kendala-kendala teknis yang signifikan dan juga dapat mengatasinya,” ucapnya.

Sementara Ketua Bawaslu dalam sambutannya yang diwakili oleh Kordiv HPP, mengatakan, seperti kita ketahui bersama bahwa tahapan kampanye pada pemilu 2019 sudah mulai berjalan sejak beberapa bulan lalu.

” Olehnya itu, kami sangat berharap kepada para penyelenggara tingkat Kecamatan tidak lengah dalam pengawasan setiap kampanye yang dilakukan oleh para peserta pemilu (Caleg maupun Capres -Cawapres), sehingga apa yang menjadi tujuan dan motto Pengawasan kita dapat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan bersama,” pintanya Aknosius.

Ongki sapaan akrab Kordiv HPP, juga mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, bisa menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan rekan – rekan panwaslu, dan setiap temuan atau laporan pelanggaran di lapangan, kalian (Panwaslu) tidak lagi kaku lagi dalam menangani semua temuan dan laporan tersebut,” katanya.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan narasumber Kordiv HPP Aknosius Datang dengan materi Dasar Hukum Penanganan Pelanggaran Pemilu, Kordiv PHL dengan materi Potensi Pelanggaran dalam tahapan Kampanye Pemilu 2019.

Rep/Chull

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News