oleh

Suksesnya Pilkades Serentak, Apdesi Halbar : Warga Patut Diapresiasi

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Atas suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap II tahun 2018, yang melibatkan sebanyak 71 Desa se Kabupeten Halmahera Barat (Halbar) tidak terlepas dari peran warga dimasing-masing Desa.

Untuk itu, DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) memberikan apresiasi kepada seluruh warga dari 71 Desa se-Halbar yang telah berpartisipasi demi terlaksananya Pilkades serentak yang aman dan kondusif.

Demikian disampaikan ketua DPC Apdesi Halbar, Rustam Fabanyo kepada wartawan di lingkup kantor Bupati Halbar, Kamis 8 November 2018.

“Suksesnya Pilkades serentak tahap II tidak terlepas dari peran serta warga desa setempat, jadi selaku ketua Apdesi Halbar memberikan apresiasi kepada warga Desa yang telah berpartisipasi,” ungkapnya.

Rustam juga mengakui, memang pada jalan Pilkades serentak kemarin terdapat gesekan – gesekan kecil antara penduduk Calon Kades (Cakades) di beberapa Desa, tapi itu masih sebatas kewarganegaraan dan telah diselesaikan sehingga Pilkades serentak tersebut berakhir dengan sukses.

Lanjutnya, jadi pada Pilkades serentak tahun 2020 mendatang, baik Panitia Pilkades tingkat desa maupun Kabupeten lebih memperhatikan terkait dengan data pemilih tetap (DPT).

“Karena DPT Pilkades itu, sangat berbeda dengan Pemilu, dimana dalam DPT Pilkades, mengakomodir seluruh masyarakat (sudah memiliki hak suara) yang berada di desa tersebut,” ujarnys.

Sebab semangat Pilkades adalah semangat kearifan, sehingga hak-hak masyarakat untuk memilih pemimpin mereka itu harus dihargai dan diakomodir jangan karena sebuah administrasi terus hak masyarakat didiskriminasi dan dikebiri bahkan diabaikan.

“Olehnya itu kami (Apdesi) menyarankan agar pada Pilkades berikutnya, Panitia tingkat Kabupaten diharuskan memberikan sosialisasi yang betul-betul efektif dan selektif, sehingga tidak menimbulkan pemahaman-pemahaman yang bias dipenyelengara tingkat Desa,” kata Kepala Desa Gamlamo Kecamatan Jailolo.

Tambahnya, Apdesi berharap hal ini bisa menjadi bahan evaluasi baik untuk penyelenggaraan tingkat Desa maupun Kabupeten, agar pada Pilkades berikutnya tidak terjadi seperti ini.

“Saya juga berharap kepada Para Kades yang baru terpilih agar dapat menciptakan keamanan dan ketertiban, juga arif dan bijaksana dalam menjalankan roda pemerintahan Desa yang saudara pimpin,” pinta Rustam.

Rep/Chull

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News