oleh

Pilkades Hoku-hoku dan Sidangoli Gam Ditunda 2 Pekan

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Pemilih Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahap II tahun 2018 yang dilaksanakan pada Rabu 7 November mendatang oleh Pemkab Halbar melalui DPMPD Halbar, dan diikuti oleh 73 Desa – Halbar itu, 2 diantaranya Hoku-Hoku Gam Kecamatan Sahu Timur dan Sidangoli Gam Kecamatan Jailolo Selatan, terpaksa ditunda selama 14 hari kerja (2 Pekan).

Demikian disampaikan ketua Panitia Khusus (Pansus) Pilkades serentak, Sofyan Kasim kepada sejumlah awak media, dilingkup kantor DPR Halbar, Senin 5 November 2018 tadi.

“Jadi, penundaan Pilkades serentak untuk kedua Desa ini bukan karena tidak ada Cakadesnya, melainkan karena surat Suara (SS) terlambat dicetak,” ucapnya.

Ketua Komisi III DPR Halbar juga mengatakan, terlambat pencetak SS untuk kedua desa itu, karena saat proses pencetakan SS yang dilakukan pihak panitia Pilkades tingkat Kabupaten, kedua desa masih dalam tahapan penetapan Cakades akibat kisruh.

“Sehingga, pencetakan SS Cakades untuk kedua desa dilakukan menyusul, jadi Pilkadesnya harus ditunda,” kata Sofyan.

Dia juga menjelaskan, pansus Pilkades tidak hanya bekerja pada tahapan Pilkadesnya saja, tapi akan melakukan pemantauan jalanya proses pencoblosan nantinya.

“Apabila terjadi pelanggaran dalam proses pemilihan, baik yang dilaporkan oleh Masyarakat, BPD atau dari pihak Cakades yang menang atau yang kalah, kami (Pansus) akan ditindaklanjuti,” jelas Sofyan.

Semua laporan yang disampaikan akan diakomodir dan dilakukan pengkajian, dengan berkordinasi dengan pihak panitia tingkat Kabupaten, karena masing-masing akan menyampaikan masukan-masukan.

“Pansus ini bukan melakukan putusan, tapi akan melakukan monitoring dan mengkaji semua laporan dan memanggil pihak-pihak terkait,” tutup Sofyan.

Rep/Chull

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News