oleh

Kakanwil Malut Buka Dialog Lintas Agama di Halbar

HALBAR, LENTERA.CO.ID –  Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku Utara (Kakanwil Kemenag Malut) H.Sarbin Sehe, membuka secara resmi dialog lintas agama yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Sabtu 3 November 2018.

Kegiatan dilangsungkan di Aula Kantor Kemenag Halbar dengan tema “Peran Tokoh lintas Agama kita wujudkan kerukunan berbasis Budaya Rasai dalam bingkai NKRI” itu, dihadiri oleh Kakan Kemenag Halbar Drs.H.Idris, para Kasi lingkup Kemenag Halbar, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Keterwakilan Pengurus Ormas se- Halbar.

Ketua Panitia H.Muzakir Ahmad, dalam laporannya, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, Kerukunan dan kedamaian pada kehidupan masyarakat umumnya di Malut dan khususnya di Halbar.

“Untuk itu, diharapkan adanya peningkatan kerjasama antara pemeluk Agama, Karena itu merupakan modal dasar demi kelangsungan pembangunan di negeri yang kita cintai ini,” ungkap Kepala Tata Usaha (KTU) Kemenag Halbar.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Malut H.Sarbin Sehe, dalam sambutannya, mengatakan, permasalahan Agama, Negara dan kearifan Lokal (Lokal Wisdom) tidak perlu dipertentangkan selama itu tidak bertentangan dengan Keyakinan dan akidah.

“Hadirnya kearifan lokal atau adat budaya seperti Rasai, Marahai, Tomaloa Sebanari, Marimoi Ngone Foto ini, jauh selum agama hadir,” jelasnya.

Lanjutnya, jadi pada kesempatan itu, dirinya mengharapkan kepada para peserta agar tidak terprovokasi dengan pemberiataan hoax yang disampaikan lewat media Sosial (Medsos).

“Tetapi setiap berita yang diterima atau disampaikan melalui Medsos agar dilakukan kroscek dengan mengunakan 3 S (Sharing Sebelum Share),” ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi kegiatan tersebut. Sarbin mengatakan, ” agar Dialog Lintas Agama yang dilaksanakan hari ini bisa menjadi ajang  perekat persaudaraan diantara sesama Tokoh Agama,” harap Kakanwil Malut.

Usai penyampai sambutan, kegiatan dilanjutkan dialog, dengan narasumber, Kakan Kemenag Halbar Drs. H. Idris dengan materi Kebijakan kementerian agama tentang multi kultur, Kakanwil Malut dengan materi dampak radikalisme dalam kehidupan masyarakat.

Sementara, Kebijakan Pemkab Halbar tentang Kerukunan Antara Umat Beragama (KAUB) dibawakan oleh Kabid Ormas Kesbangpol Halbar Ummu Atiah mewakili Kaban Kesbangpol, Ketua FKUB Justinus Rahilwarin dengan materi Peran FKUB dalam menyikapi konflik, Kasat Binmas Iptu Jusman Husain dengan materi Menejmen pencegahan dan penyelesaian konflik, dan Peranan kementrian agama dalam memelihara KUB dibawakan oleh KTU Kemenag Halbar H.Muzakir Ahmad.

Rep/Chull

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News