oleh

Hasil Rekapitulasi: AHM Menang PSU, AGK Jadi Gubernur

Asrul: Laporan Tim AHM-Rivai itu ranahnya lain

TERNATE LENTERA.CO.ID – Ketua Tim pemenang AGK-YA, Asrul Rasyid Ichsan menyampaikan bahwa, rekapitulasi perhitungan suara pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Provinsi Maluku Utara (Malut) berjalan aman dan lancar. Hal ini di sampaikan ke awak media pada usai Rapat Pleno, di Hotel Grand dafam bela Ternate pada Minggu, 21 Oktober 2018

“Tidak ada hambatan dan gesekan-gesekan, sehingga apa yang tidak kita inginkan tidak terjadi. Kemudian dalam rekapitulasi perhitungan suara hari ini, KPU Provinsi Malut, telah menetapkan hasil PSU di dua Kabupaten Kota dan enam desa dengan keunggulan AHM-RIVAI, dalam perolehan suara. Tetapi setelah kita jumlahkan dengan hasil perolehan sebelumnya, AGK-YA unggul dengan selisih 920 suara,” kata Asrul, sore tadi.

Asrul menjelaskan Setelah ini hasilnya dilaporkan oleh KPU Provinsi ke MK dan selanjutnya mungkin tinggal menunggu perintah MK untuk penetapan pemenang siapa suara terbanyak setelah PSU.

Dirinya menghimbau kepada seluruh pendukung AGK-YA untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, agar suasana tetap kondusif di Provinsi Malut, sehingga ini bisa terjaga dengan baik.

Selain itu, terkait dengan DPT ganda, itu urusan coklit. “Di enam desa itu sudah dilakukan sebelumnya, kemudian sudah dilakukan dengan semua tim baik dengan KPU Provinsi maupun bersama Bawaslu dan ini sudah klir maka sudah tidak ada masalah lagi, sebab semua telah menandatangani berita acara tersebut, sehingga sudah kami jalankan PSUnya dan tidak ada masalah dilapangan sebenarnya,” ucap Asrul.

Baca Juga: RIVAI: PSU Berjalan Tidak Benar!

Disentil menyangkut laporan tim AHM-RIVAI ke Bawaslu, menurut dia, itu wilayahnya lain. “Yang menjadi ranah Bawaslu kalau itu berpotensi yang lain itu tergantung pertimbangan Bawaslu dan tentunya ada Gakumdu yang bisa menangani persoalan-persoalan seperti ini” jelasnya.

Baca Juga: Bawaslu Sikapi Pelanggaran Politik AGK-YA

Tambahnya semua paslon Cagub telah menandatangani berita acara tekapitulasi kecuali paslon Cagub nomor urut 1, “Pada prinsipnya proses PSU telah berjalan dengan lancar dan perolehan terakhir telah kita terima semuanya pada hari ini dan dari Empat pasangan calon semua telah menandatangani kecuali saksi pasangan nomor urut 1. Jadi pasangan nomor urut 2,3,4 itu semuanya sudah menandatangani berita acara Pleno Rekapitulasi Suara pada hari ini” Tutupnya.
Untuk diketahui PSU Pilgub Malut 2018 berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 36/PHP. Gub. XVI. 2018, yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Malut.

Red/Hana

Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *