oleh

Camat Pulau Ternate Giat sosialisasi MR

Kecamatan Pulau Ternate Terendah dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 bulan sampai 9 Tahun.

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate gelar sosialisasi vaksin MR, untuk pencegahan penyakit Campak dan Rubella pada Rabu 10 Oktober 2018.

Sosialisasi ini, dihadiri oleh Pihak Kepolisian, TNI, MUI Kota Ternate, UPTD Pendidikan dan Dinas Kesehatan sebagai pembicara, guna memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi terhadap anak usia 6 bulan sampai dengan 9 tahun.

Menurut Camat Pulau Ternate, Zainuddin Abdjan mengatakan, sosialisasi serupa sudah pernah dilakukan sebelumnya. Namun pelaksanaan sebelumnya tidak melibatkan sejumlah pihak sehingga program tersebut tidak terintegrasi dengan baik.

“Kali ini kita libatkan semua stakeholder, agar terintegrasi dengan baik” kata Zainuddin.

Tambahnya, dalam sosialisi vaksin MR kali ini pemerintah Kecamatan Pulau Ternate mengundang ketua-ketua RT dan RW, Kepala-kepala sekolah SD dan TK, Kader Posyandu, serta masyarakat sekitar.

“Sebab dari data yang disampaikan Dinas Kesehatan, kita (Kecamatan Pulau Ternate) merupakan yang terendah dalam pelaksanaan vaksinasi” jelasnya.

Sedang, Kelurahan Rua menjadi keluruhan yang tingkat partisipasi program vaksinasi paling rendah. “karena ada isu enzim Babi itu, makanya kita undang MUI untuk menjelaskan halal-haramnya” ungkap Camat.

Sementara Ketua MUI Kota Ternate, Usman Muhammad saat ditemui lentera online, menjelaskan bahwa terkait polimik enzim Babi sudah ada fatwa MUI, “yaitu dibolehkan dengan catatan pemerintah harus berupaya untuk mendapatkan vaksin yang benar-benar halal dan suci” jelasnya.

Menurutnya fatwa MUI ini lahir melalui proses yang panjang, sehingga dibolehkan dengan pertimbangan; keadan darurat, belum ada vaksin yang halal dan suci dan pendapat ahli.

Olehnya itu, Usman menghimbau agar masyarakat Kecamatan Pulau Ternate memvaksinasi anak-anak usia 6 bulan sampai 9 bulan untuk kebaikan bersama di masa depan.

Rep: Ajun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News