oleh

Anggota DPR RI, Tjatur: BPOM Harus Buat Standarisasi Kualitas Air dari PDAM

TERNATE, LENTERA.CO.ID – Anggota DPR RI Komisi VII, Ir. H. Tjatur Sapto Edi menjadi pembicara dalam dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa) Badang Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bersama Direktur Pengawasan Narkotika da Zat Aditif; Dra. Rita Endang, Apt. M. Kes dan Kepala BPOM Profinsi Maluku Utara, Sarinah di Hotel Ayu Lestari Kota Ternate pada Selasa 18 September 2018 pagi tadi.

Dalam kegiatan sosialisasi yang bertajuk, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi” tersebut, sebagai Anggota Komisi VII yang menangani bidang Energi Sumber Daya Mineral, Riset dan Teknologi Lingkungan Hidup, Tjatur Sapto Edy berbicara tentang pentingnya kualitas air minum dan sumber air minum bagi kehidupan masyarakat. “Kita dalam penggunaan air harus betul-betul sehat,” kata Tjatur di hadapan 150 pesertab Sosialisasi.

Menurutnya, saat menjawab pertanyaan peserta terkait air salobar dan Sumber air minum di Danau Ngade, BPOM harus melakukan standarisasi terhadap kualitas air yang bersumber dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM), sebab kata dia, semestinya air yang bersumber dari PDAM memiliki kualitas yang langsung dapat diminum tanpa proses perebusan. Namun hal ini tidak dapat dilakukan karena kendala teknis berupa kualitas pengolahan PDAM, penyelangan, distribusi dan tranmisi.

“Terkait air salobar dan danau ngade, pada prinsipnya air itu tidak ada yang kotor yang ada air itu tercemar, tinggal bagaimana pengolahannya,” tuturnya.

Usai kegiatan, kepada lentera.co.id, Tjatur mengakui bahwa saat ini anggota DPR RI sedang menyusun regulasi tentang BPOM, anggaran dan pengawasannya.

“Untuk itulah terkait pengawasan saya mengajak Badan POM untuk mensosialisasikan program-programnya di Maluku Utara, khususnya di Ternate agar konsumsi obat dan makanan di Ternate ini baik, berkhasiat, bermutu dan aman,” ungkapnya.

Red: Jun

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News