oleh

Sengketa Golkar, Bawaslu Halbar Batalkan Putusan Ajudikasi

HALBAR, LENTERA.CO.ID – Terkait sengketa Partai Golkar Halbar yang telah diputuskan oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) pada 5 September 2018 lalu melalui sidang Ajudikasi itu, akhirnya dibatalkan oleh Bawaslu Halbar sendiri melalui rapat pleno pimpinan, pada tanggal 10 September kemarin.

Pembatalan hasil sidang Ajudikasi partai Golkar Halbar tersebut, setelah adanya putusan koreksi dari Bawaslu RI nomor : 014/PS.REG.KOREKSI/BAWASLU/IX/2018 tertanggal 7 September 2018 atas permohonan DPD II Golkar Halbar.

Dimana dalam putusan tersebut Bawaslu RI, menerima seluruh permohonan Pemohon koreksi (DPD II Golkar Halbar), memerintahkan KPUD Halbar membatalkan SK KPUD Halbar nomor : 607/PL.03.4-SD/8201/KPU – Kab/VIII/2018 tentang penetapan DCS DPRD Halbar tertanggal 12 Agustus 2018 lalu,
Memerintahkan Bawaslu Halbar untuk menerbitkan putusan baru yang memperbaiki putusan Bawaslu Halbar nomor : 01/PS/BWSL,HHB.32‘03/VIII/2018 tenanggal 5 Septembel 2018.

Memerintahkan KPUD Halbar untuk menindaklanjuti putusan baru Bawaslu Halbar dengan memberikan kesempatan kepada Pemohon Koreksi (Partai Golkar Halbar) untuk melengkapi dokumen persyaralan Bakal calon anggota DPRD Halbar sebatas pada bakal calon yang diajukan pada masa pengajuan dokumen pendaftaran bakal calon anggota DPRD Halbar yang diajukan oleh Pemohon Koreksi, dan Memerintahkan KPU Halbar untuk melaksanakan Pulusan baru Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat paling lama 3 hari kerja sejak Pulusan diterbitkan.

Kordiv Hukum dan penindakan Bawaslu Halbar, Aknosius Datang ketika dikonfirmasi reporter terkait hal tersebut membenarkan adanya hasil putusan koreksi Bawaslu RI atas hasil putusan Bawaslu Halbar pada sidang Ajudikasi sengketa Partai Golkar Halbar.

“Jadi dari dasar hasil putusan koreksi Bawaslu RI tersebut, kami (Bawaslu Halbar) mengelar rapat pleno dan memutuskan untuk memperbaiki hasil putusan Ajudikasi tersebut sesuai dengan putusan Bawaslu RI tersebut,” ungkap Aknosius kepada reporter, Selasa 11 September 2018 sore tadi.

Lanjutnya, mengeluarkan surat keputusan terbaru guna memperbaiki dan membatalkan keputusan sidang Ajudikasi nomor :01/PS/BWSL,HHB.32.03/VIII/2018 tenanggal 5 Septembel 2018,” kata Aknosius, dan dibenarkan juga oleh ketua Bawaslu Halbar Alwi Ahmad.

Terpisah, Ketua KPUD Halbar, Abjan Raja saat dikonfirmasi wartawan terkait Bawaslu Halbar atas sengketa Partai Golkar Halbar dengan dasar hasil putusan koreksi Bawaslu RI, mengaku tunduk pada keputusan tersebut.

“KPUD Halbar tetap tunduk dan patuh terhadap putusan Koreksi Bawaslu RI yang ditindaklanjuti oleh Bawaslu Halbar dalam bentuk putusan baru itu,” ucapnya.

Red: Chull

Download Download Download Download Download Download Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *